DPRD Sultra Siap Aspirasikan Penolakan Tambang Konkep ke Gubernur Sultra

Suasana Rapat Dengar Pendapat di Kantor DPRD Sultra (Foto: Jarman)
Keterangan Gambar : Suasana Rapat Dengar Pendapat di Kantor DPRD Sultra (Foto: Jarman)

Potretsultra

KENDARI – Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara melalui Panitia Khusus (Pansus) penertiban pertambangan di Sultra, gelar pertemuan dengan warga Konawe Kepulauan (Konkep) terkait pertambangan yang ada di Konkep, (Senin 29/10/2018).

Selain dihadiri ratusan masyarakat Konkep, Agenda Rapat Dengar Pendapat (RDP) itu juga dihadiri pula Wakil Bupati Konkep, Andi Muhammad Luthfi dan beberapa pimpinan dinas provinsi yang terkait.

Orang nomor dua di Konkep itu menjelaskan, Pemerintah Daerah (Pemda) Konkep tidak memiliki kewenangan penuh untuk melakukan pencabutan Izin Usaha Pertambangan (IUP) di Konkep. Selain itu kata dia, izin tersebut pula juga keluar sebelum Amrullah dan dirinya terpilih untuk memimpin Konkep.

“Izinnya ini keluar sebelum kami memimpin, dan saat ini kami juga tegas berada bersama rakyat Wawonii dalam penolakan tambang,” ungkap Andi Luthfi.

BACA JUGA: Akibat Aksi Tolak Tambang di Konkep, Satu Pendemo Alami Kekerasan

Potretsultra

Menurut Ketua Pansus Penertiban Pertambangan DPRD Sultra, Suwandi Andi, pihaknya menyetujui dan akan menindaklanjuti surat bupati Konkep nomor 337/1454/2018 kepada Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk pencabutan Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang ada di Kabupaten Konkep.

“Pada intinya kami menyetujui dan ini akan kami tindaklanjuti ke Gubernur Sultra,” ungkap Suwandi.

BACA JUGA: Didemo Ribuan Penolak Tambang, Ini Sikap Tegas Bupati Konkep

Politisi PAN itu melanjutkan, setelah disampaikan surat bupati tersebut kepada Gubernur Sultra kemudian akan ditindaklanjuti ke Presiden RI. Karena ini kewenangan pemerintah pusat melalui kementerian terkait Untuk mencabut IUP secara sah.

“Setelah disampaikan kepada gubernur maka gubernur akan menindaklanjutinya kepada pemerintah pusat melalui kementerian yang terkait,” jelasnya.


Laporan: Jarman
Editor: Jubirman

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *