Soal Adanya Penyidik Pol PP, HMI Apresiasi Pemkot Baubau

Keterangan Gambar : Ketua Umum HMI Cabang Baubau, La Ode Rizki Satria (Kanan)

Potretsultra

BAUBAU – Pasca terlatihnya 7 orang penyidik PNS yang disiapkan oleh Polisi Pamong Praja Kota Baubau untuk menindaklanjuti pelanggaran Peraturan Daerah (Perda), HMI Cabang Baubau memberikan respon positif dan menilai ini sebagai langkah baik Pemda Kota Baubau.

“Tak hanya dalam bentuk ucapan apresiasi, HMI secara kelembagaan kedepan akan melaporkan beberapa dugaan pelanggaran Perda untuk menguji keseriusan dan tanggung jawab dari penyidik yang dimaksud,” ujar Ketua Umum HMI Cabang Baubau, La Ode Rizki Satria, Selasa (26/1/2021) kemarin.

Rizki membeberkan, beberapa diantaranya yang akan dilaporkan adalah Perda Nomor 05 tahun 2012 tentang Pengawasan, Pengendalian dan Penjualan Minuman Beralkohol yang semakin hari semakin meresahkan. Selain itu, ia juga menyebut Perda Nomor 9 tahun 2017 tentang Izin Mendirikan Bangunan yang banyak menurut amatan HMI cabang Baubau tidak dipatuhi, serta Perda Nomor 2 tahun 2017 tentang Penyelenggaraan Usaha Tempat Hiburan Malam di Kota Baubau dan Perda Nomor 04 tahun 2014 tentang RTRW yang juga dinilai banyak dilanggar serta tidak dipatuhi secara serius oleh masyarakat bahkan pemerintah daerah.

“Akhir-akhir ini terkesan bahwa Pemda banyak mengabaikan penindakan beberapa Perda tersebut. Padahal jika dirunut, berbagai regulasi diatas ditetapkan sejak lama hingga 2021 ini,” katanya.

“Makanya sekali lagi, kami akan menguji keseriusan Pemda dan penyidiknya dalam melakukan tugas maupun fungsinya sebagai lembaga penegak Perda,” tegas Rizki.

Laporan: Redaksi

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *