Tahun 2021 ini, Konkep dapat Kuota 300 Ton Pupuk Bersubsidi

Keterangan Gambar : Ilustrasi

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Dalam rangka mendukung program swasembada pangan dan peningkatan hasil perkebunan, saat ini pemerintah menghadirkan program pupuk bersubsidi kepada para petani.

Hal ini tentu akan meringankan para petani dalam membeli pupuk yang kini harganya terbilang tinggi. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), H. Muhammad Tahrir, SP, MP mengungkapkan bahwa, sejak tahun 2019 yang lalu pemerintah telah meluncurkan program pupuk bersubsidi. Untuk pendistribusiannya, Dinas Pertanian Konkep bekerjasama dengan Bumdes Labeau Kecamatan Wawonii Utara.

“Kalau di tahun 2019 lalu, kuota pupuk bersubsidi untuk Kabupaten Konawe Kepulauan sekitar 800 ton,” ungkap Muh Tahrir saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (27/1/2021).

Sedangkan pada tahun 2020 lalu, lanjut Muh Tahrir, kuota pupuk bersubsidi untuk wilayah Konkep turun menjadi 600 ton. Hal ini dikarenakan adanya pemotongan akibat pandemi Covid-19. Begitupun pada tahun 2021 ini juga terjadi penurunan kuota menjadi hanya 300 ton.

“Nanti akan didistribusikan melalui 2 tahapan, tahap pertama pada Bulan Februari dan tahap kedua rencananya akan disalurkan pada Bulan Oktober,” jelasnya.

Kepala Dinas Pertanian Konkep, H. Muhammad Tahrir, SP, MP

Kepala Dinas Pertanian Konkep, H. Muhammad Tahrir, SP, MP

Kata Muh Tahrir, pupuk bersubsidi yang tersedia yakni pupuk jenis UREA, NPK, SP-36, ZA dan pupuk organik. Sesuai SOP dan petunjuk yang ada bahwa untuk mendapatkan pupuk bersubsidi ini dapat dilakukan melalui kelompok tani kemudian diusulkan melalui Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK).

“Jadi warga bisa mengusulkan RDKK melalui kelompok tani yang telah dibentuk di desa,” terangnya.

Dengan adanya pupuk bersubsidi ini, Muh Tahrir berharap hal tersebut dapat membantu para petani dalam meningkatkan hasil produksi.

“Nanti, para penyuluh akan terus mengawal dalam memberikan pemahaman kepada para petani terkait cara dan teknik pemupukan,” harapnya.

Untuk diketahui, harga pupuk bersubsidi per Kg dapat dilihat seperti berikut ini.

  1. UREA seharga Rp. 1.800/Kg
  2. NPK seharga Rp. 2.000/Kg
  3. ZA seharga Rp.1.400/Kg
  4. SP-36 seharga Rp. 2.000/Kg
  5. Organik seharga Rp.500/Kg

Laporan: Jubirman

Potretsultra Potretsultra
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *