Ketum HMI Kendari Ajak Warga Sultra Bijak Bermedia Sosial

Ketua Umum HMI Cabang Kendari, Ujang Hermawan (Foto: IST)
Keterangan Gambar : Ketua Umum HMI Cabang Kendari, Ujang Hermawan (Foto: IST)

KENDARI – Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kendari, Ujang Hermawan mengajak masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) terkhusus di wilayah Kota Kendari untuk bijak bermedia sosial tidak cepat mempercayai informasi yang tidak ada sumber kebenarannya.

Menurut Ujang, akhir-akhir ini banyak tersebar info yang tidak benar atau hoax dan dapat memicu terjadinya konflik. Ia menyarankan agar masyarakat bijak menggunakan media sosial dengan menyaring terlebih dahulu informasi sebelum menyebarnya.

“Beberapa minggu terakhir, Sultra Mulai tidak kondusif, adanya kejadian di beberapa wilayah terkhusus di Kota kendari, ditambah lagi dengan cepatnya beredar informasi yang tidak benar adanya atau hoax, sehingga memicu konflik sesama masyarakat, yang tidak mampu menganalisa sebuah informasi, sehingga ini membuat resah masyarakat,” ujar Ujang dalam keterangan persnya, Senin (28/7/2020).

Ujang menghimbau, seluruh masyarakat agar tidak mudah terpancing konflik. Apalagi kita dibawa-bawa dalam rana isu Sara yang dapat memicu adanya konflik horizontal di Sultra. Banyaknya kejadian yang coba dipelintir oleh beberapa oknum, diduga hal itu dilakukan oleh oknum provokator, antara kejadian dan informasi di media sosial sudah tidak singkron.

“Ada beberapa oknum yang sengaja mengupload video-video kerusuhan lama dan juga kejadian dalam video tersebut bukan terjadi di Sultra. Hal seperti ini lah yang perlu kita antisipasi demi terwujudnya masyarakat yang damai dan Sultra yang kondusif,”  ucapnya.

Laporan: Erik

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *