Bacaleg Curi Start Kampanye, Begini Pesan Bawaslu Kendari

Ketua Bawaslu Kendari, Sahinuddin (Foto: IST)
Keterangan Gambar : Ketua Bawaslu Kendari, Sahinuddin (Foto: IST)

KENDARI – Meski sudah ada larangan kepada para Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) untuk tidak lakukan curi start kampanye, namun masih saja ada yang tidak mengindahkan aturan itu.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kendari, Sahinudin mengatakan, pihaknya telah mengirimkan surat himbauan tentang larangan curi start kampanye kepada Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu.

“Yang jelas Bawaslu Kota Kendari telah mengirimkan surat himbauan tentang larangan itu,” kata Sahinudin, Jumat (31/08/2018).

Hal itu dilakukan, lanjut Sahinudin, agar tidak melakukan hal-hal yang dapat dikategorikan sebagai kampanye sebelum masa tahapan kampanye dimulai yakni tanggal 23 September 2018.

“Kami terus memberikan himbauan secara lisan di setiap momentum melalui LO Parpol peserta Pemilu tingkat Kota Kendari agar tidak melakukan kegiatan atau apa pun yang dianggap memenuhi unsur kampanye,” tambahnya.

BACA JUGA : Caleg Curi Start Kampanye, Gerindra Konkep: Panwas Harus Tegas 

Sahinudin juga menjelaskan, langkah-langkah yang akan dilakukan jika ditemukan hal-hal yang terindikasi sudah memenuhi unsur kampanye saat ini, maka secara administrasi Bawaslu berpatokan pada PKPU 23 Tahun 2018 tentang kampanye pemilihan umum.

“Jika terdapat pelanggaran tersebut maka diberikan peringatan kepada partainya agar menghapus atau membuka postingan tersebut, atau kalau berupa APK maka dilakukan penurunan,” jelasnya.

Memang teguran tersebut, kata Sahinudin, pihaknya hanya dapat memberikannya kepada Parpol peserta Pemilu tingkat Kota Kendari. Sedangkan kadang pelanggaran dilakukan oleh bakal Caleg dari Parpol peserta Pemilu di tingkatan atasnya.

“Namun demikian kami tetap menyampikannya kepada Parpol tingkat Kota Kendari nanti mereka yang menyampaikan kepada Parpol tingkatan di atasnya,” tutupnya.

Laporan: Said
Editor: Jubirman

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *