Pengamat Pariwisata Sebut Konkep Belum Punya PAD dari Objek Wisata

Pengamat Pariwisata Sultra, Muhammad Ali (Foto: IST)
Keterangan Gambar : Pengamat Pariwisata Sultra, Muhammad Ali (Foto: IST)

LANGARA – Potensi pariwisata di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terlihat tidak diseriusi oleh Pemerintah Daerah (Pemda). Hal ini mendapat komentar dari Pengamat Pariwisata Sultra, Muhammad Ali.

Kata Muhammad Ali, Pemda Konkep seharusnya menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan agar segera dikembangkan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Konkep memiliki semua jenis obyek wisata, bahkan pemerintah sudah meresmikan KANOPI, namun sampai saat ini, belum ada satu pun obyek wisata yang dikembangkan,” ujar Muhammad Ali via selulernya, Sabtu (01/09/2018).

Mantan ketua Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Konkep ini juga menjelaskan, Pantai Kampa adalah salah satu obyek wisata yang ada dalam KANOPI. Namun muncul permasalahan karena ternyata pemilik lahan mayoritas adalah warga. Kata dia, tidak adanya titik temu antara pemerintah dan warga pemilik lahan saat mediasi karena harga tanah yang dipatok warga tidak disanggupi oleh pemerintah.

“Hal ini tidak bisa dibiarkan berlarut begitu saja. Dibutuhkan political will dari eksekutif dan legislatif,” tandasnya.

BACA JUGA : Begini Makna HUT RI ke 73 bagi Kadis Kominfo Konkep

Kalau pemerintah tidak bisa beli karena harganya mahal, tambah Muhammad Ali, maka seharusnya pemerintah mengajak pemilik lahan agar Pantai Kampa dikelola bersama, seperti Pantai Toronipa yang ada di Kabupaten Konawe.

“Kalau kendala pengelolaan obyek wisata adalah anggaran, maka ada dana DAK bidang pariwisata, hanya syaratnya lokasi obyek wisata tidak dalam status sengketa, dan harus mampu menunjukkan bukti kepemilikan lahan. Ini yang membuat Kabupaten Konkep gagal mendapatkan dana DAK 2018,” terangnya.

Bacaleg PKPI Dapil Dua Konkep itu berharap, Kabupaten Konkep harus punya satu obyek wisata yang eksis sebagai pilot project. Sehingga obyek wisata lainnya bisa dengan cepat menyusul dikembangkan.

“Sumber PAD kita baru dari sektor perhubungan dan yang lain, kita berharap sektor pariwisata bisa segera dikembangkan dan dikelola secara maksimal, sehingga PAD Konkep bisa semakin banyak,” harapnya.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *