Waspada, Hujan Lebat Masih Berlanjut Hingga 5 Hari Kedepan

Keterangan Gambar : Ilustrasi

Potretsultra

JAKARTA – Hujan yang terus mengguyur beberapa wilayah di Indonesia, diprakirakan masih terus terjadi hingga lima hari kedepan.

Hal ini dikatakan oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo. Kata dia, potensi curah hujan tinggi masih ada hingga 5 hari ke depan yakni 11 – 15 Juni 2019. Hal ini menurutnya, karena aktivitas gelombang atmosfer Madden Julian Oscillation (MJO) masih aktif di wilayah Indonesia.

“Aktivitas MJO ini berpotensi cukup signifikan mendukung pembentukan awan hujan di Indonesia bagian tengah dan timur yang diprakirakan akan berlangsung hingga 5 hari ke depan,” ujar Mulyono melalui rilisnya, Senin (10/6/2019).

Lanjut Mulyono, wilayah-wilayah yang berpotensi hujan lebat untuk periode 11 – 15 Juni 2019, antara lain Sumatera Barat, Bengkulu, Bangka Belitung, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

“Masyarakat dihimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan oleh hujan lebat tersebut seperti potensi terjadi banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin,” terangnya.

Laporan: Sultan
Editor: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *