Warning Gelombang Tinggi, Beberapa Wilayah Pesisir Indonesia Diminta Waspada

Keterangan Gambar : Ilustrasi

JAKARTA – Selain potensi hujan lebat, Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo juga memperkirakan adanya potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah di Indonesia.

Kata Mulyono, potensi gelombang tinggi 2,5 meter hingga 4 meter diperkirakan juga masih akan terjadi. Gelombang tinggi diprakirakan terjadi di Perairan barat Pulau Enggano, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Samudra Hindia barat Kepulauan Mentawai hingga Lampung, Perairan selatan Jawa hingga Pulau Sumba, Selat Bali – Lombok – Alas bagian selatan, Laut Sawu, Perairan P. Sawu – Kupang – P. Rotte, Laut Timor selatan NTT, Samudra Hindia selatan Jawa hingga NTT, dan Laut Flores bagian timur.

Selain itu, gelombang dengan ketinggian yang sama itu pula bakal terjadi di Perairan timur Kepulauan Wakatobi, Perairan Manui – Kendari, Laut Banda, Perairan selatan Pulau Buru – Pulau Seram, Perairan Kepulauan Sermata – Kepulauan Letti, Perairan Kepulauan Babar – Kepulauan Tanimbar, Perairan selatan Kepulauan Kei – Kepulauan Aru, dan Laut Arafuru.

Mulyono menghimbau kepada masyarakat agar memperhatikan juga risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Seperti, Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” kata Mulyono melalui rilisnya, Senin (10/6/2019).

Laporan: Sultan
Editor: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *