Warga Antusias Sambut Pasar Mosolo yang Mulai Beroperasi

Keterangan Gambar : Suasana Pasar Mosolo yang Sedang Beroperasi

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Pasar Mosolo yang berlokasi di Desa Sinaulu Jaya Kecamatan Wawonii Tenggara Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) kini mulai beroperasi.

Pasar Mosolo ini mulai beroperasi pada Senin, 15 Februari 2021 lalu. Dalam pantauan Media Potretsultra.com pada Senin (1/3/2021) lalu, nampak sejumlah warga berbondong-bondong menuju lokasi pasar. Warga setempat sangat berantusias dalam meramaikan Pasar Mosolo di Kecamatan Wawonii Tenggara itu.

Para pedagang tidak hanya berasal dari wilayah Wawonii Tenggara saja. Namun ada pula warga dari kecamatan lain yang datang ke Pasar Mosolo untuk menjual dagangannya. Dagangan yang dijual berupa pakaian, aneka mainan anak-anak, peralatan dapur, sayur-sayuran, ikan, dan sebagainya.

Menurut penjaga Pasar Mosolo, Rudin (26) bahwa para pedagang yang datang dari kecamatan lain biasanya mulai berdatangan dari hari minggu sore. Sedangkan pedagang yang berdomisili di wilayah Kecamatan Wawonii Tenggara mulai berdatangan pada Senin Pagi sekira Pukul 05.00 Wita.

“Kalau yang dari Langara atau yang dari Ladianta biasanya datang dari hari minggu sore, sedangkan yang dari Mosolo atau Polara nanti hari senin pagi baru mereka datang,” ujar Rudin saat ditemui di tengah-tengah keramaian pasar, Senin (1/3).

Selain hari senin pagi, lanjut Rudin, Pasar Mosolo juga beroperasi di hari sabtu. Hanya saja baik pedagang maupun pengunjung agak berkurang jika beroperasi di hari sabtu.

“Pasar ini juga buka hari sabtu, tapi yang berdagang di hari sabtu tidak sebanyak yang di hari senin,” katanya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop) Konkep, Abdul Fattah saat ditemui di ruangannya menjelaskan, sejumlah pasar di Konkep sudah mulai beroperasi, termasuk pasar di Mosolo Kecamatan Wawonii Tenggara. Yang belum beroperasi hanya Pasar Roko-Roko, Pasar Munse, dan Pasar Watuondo.

“Hampir semua pasar di Konkep ini sudah beroperasi, tinggal Pasar Roko-Roko, Pasar Munse, dan Pasar Watuondo,” ujar Abdul Fattah.

Terkait jadwal pasar yang beroperasi, lanjut Abdul Fattah, pihaknya mengaku jadwal saat ini masih bersifat sementara. Beberapa pekan depan baru akan disosialisasikan jadwal yang baru, termasuk bakal diaktifkan setiap hari untuk Pasar Langara di kabupaten.

Sementara itu, Bupati Konkep, Ir. H. Amrullah, MT berharap agar pembangunan pasar dapat menjadi daya dukung percepatan pembangunan Kabupaten di masa mendatang. Menurutnya, perekonomian masyarakat akan lebih cepat berkembang manakala ditunjang dengan infrastruktur yang memadai.

“Saya kira kalau pasar sudah terbangun masyarakat akan mudah mengembangkan perekonomiannya. Ini akan mendorong perekonomian desa bisa tumbuh secara cepat,” kata Amrullah seperti dilansir dari Media Publiksatu.co.

Laporan: Jubirman

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *