7 Desa di Konkep Bakal Kebagian Mobil Bumdes Tahun Ini

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Perhubungan Konkep, H. Harsin Abdul Rahim, S.Pd, M.Si

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Kehadiran mobil bagi Badan Usaha Milik Desa tentu memiliki banyak peran dan fungsi, baik bagi para petani, nelayan, pedagang, maupun untuk masyarakat secara umum.

Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Kepulauan (Konkep) dibawah kepemimpinan Ir. H. Amrullah, MT sebagai bupati dan Andi Muhammad Lutfi, SE, MM sebagai wakil bupati nampaknya sangat serius dalam menggenjot perekonomian desa. Pasalnya, Pemda Konkep bakal menghibahkan bantuan mobil ke sejumlah desa untuk dipergunakan oleh Bumdes.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Konkep, H. Harsin Abdul Rahim, S.Pd, M.Si saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (3/3/2021) menjelaskan, pada tahun 2021 ini Pemda Konkep bakal menyalurkan bantuan mobil ke 7 (tujuh) desa yang tersebar di 7 kecamatan se-Konkep.

“Sebenarnya pada saat kita usulkan ada 13 mobil Bumdes, tetapi setelah hasil singkronisasi dari Kementerian Desa, yang disetujui cuman 7 Mobil Bumdes,” ungkap Harsin.

Lebih lanjut Harsin menjelaskan, bantuan 7 unit mobil Bumdes ini menelan anggaran Rp. 1,8 Miliar bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Ia membeberkan, ketujuh desa yang bakal mendapatkan bantuan mobil Bumdes itu yakni Desa Langara Indah di Kecamatan Wawonii Barat, Desa Waworope di Kecamatan Wawonii Utara, Desa Bangun Mekar di Kecamatan Wawonii Timur Laut, Desa Lembono di Kecamatan Wawonii Timur, Desa Sinaulu Jaya di Kecamatan Wawonii Tenggara, Desa Bobolio di Kecamatan Wawonii Selatan, dan Desa Rawa Indah di Kecamatan Wawonii Tengah.

“Harapan kami mobil Bumdes ini harus betul-betul dikelola oleh badan usaha desa supaya dapat meningkatkan penghasilan Bumdes sendiri, kemudian dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

Harsin juga menyebut, kehadiran mobil Bumdes di desa bertujuan agar membantu para petani mengangkut hasil-hasil pertaniannya. Begitupun juga dengan nelayan, pedagang, dan masyarakat umum, serta memudahkan kegiatan-kegiatan fisik yang ada di desa.

“Mobil Bumdes ini diharapkan peruntukannya benar-benar jelas dan benar-benar bermanfaat untuk desa,” pungkasnya.

Laporan: Jubirman

Potretsultra Potretsultra
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *