Teguran Putra Daerah ke Pemda Buton Selatan

La Ode Armeda Satrian S (Foto; IST)
Keterangan Gambar : La Ode Armeda Satrian S (Foto; IST)

OPINI – Sumber Daya Manusia (SDM) pada umumnya adalah potensi kekayaan bagi negara Indonesia, khususnya Pemerintah Daerah (Pemda) kabupaten Buton Selatan (Busel). Atas kesempatan ini, saya mengingatkan kepada pemerintah agar memikirkan anak usia dini khususnya anak putus sekolah hari ini karena  bisa berdampak negatif bagi pemerintah itu sendiri di masa yang akan datang.

Demikian karena anak sebagai tunas generasi bangsa kedepan, Pemerintah wajib untuk memberikan suport moril, ataupun bentuk nyata lainnya yang dapat mendukung masa depannya. Sehingga kendala beban yang dialaminya tidak dipikirkan lagi oleh si anak dan keluarga. Sesuai dengan amanah UUD 1945 Pasal 13 Ayat 1 “Warga Negara Berhak Mendapatkan pendidikan”.

Melihat kondisi Buton Selatan yang minim potensi kekayaan alamnya, maka pemerintah segera memikirkan dan mengambil langkah-langkah  strategis untuk menyelamatkan generasi Buton Selatan sebagai modal jangka panjang.

Hipotesis saya dengan mengamati dari segi pengalaman bergaul dari 7 kecamatan yang ada, masih banyak anak dan remaja tidak sekolah  ataupun yang ingin bersekolah akan tetapi kendala ekonomi. Lingkungan dan kultur yang semakin berubah dengan adanya kemajuan peradaban sehingga kebanyakan remaja dan anak tidak mampu menyesuaikan kondisi. Tidak bisa pemerintah menafikan dan menyampingkan problem ini.

Pemda Busel seharusnya segera mengambil tindakan progres terkhusus Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Sosial. “Saya tidak akan menawarkan solusi, saya sengaja agar  Pemda Busel mandiri menyikapi pendidikan, jangan manja!”.

Penulis: La Ode Armeda Satrian S (Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Buton/ Putra Daerah Kecamatan Kadatua, Buton Selatan)

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *