Sungai dan Aliran Air di Roko-roko Wawonii Kini Jernih Lagi Meski Sempat Keruh

Keterangan Gambar : Aliran air di wilayah Roko-roko kini sudah baik kembali usai keruh. Foto: Kolase

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Kondisi air yang sempat mengalir dengan warna keruh di beberapa desa di Roko-roko Raya, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), kini telah terlihat kembali jernih.

Sebelumnya, akibat kondisi air keruh tersebut tidak dapat dimanfaatkan oleh warga untuk kebutuhan sehari-hari. Namun setelah normal, warga kini dapat memanfaatkan ait tersebut kembali.

Selain itu, salah satu sungai di desa tersebut yang sempat keruh kini juga telah mulai terlihat jernih seperti semula. Sementara itu, sumber mata air Lagumba saat ini juga telah terliha jernih kembali.

Menurut keterangan salah satu warga Desa Dompo-dompo Jaya, Muksin mengatakan, tingginya intensitas hujan jadi penyebab perbuahan warna air pada aliran sungai di lokasi tersebut. Hal ini bukan yang pertama kali terjadi, namun sudah sering pada saat hujan deras.

“Sudah biasa terjadi begini kalau lagi hujan deras, karena permukaan tanah dibawa sama air hujan turun ke sungai. Sehingga air jadi terlihat keruh,” kata Muksin kepada awak media, Minggu (14/5/2023).

Muksin menambahkan, di desa tempatnya tinggal terdapat beberapa sungai yang sebelumnya alami kekeringan akibat musim kemarau.

Ia menyebut, sungai-sungai kecil yang sempat kering itu terisi kembali karena air hujan. Namun warna airnya tidak jernih karena telah bercampur dengan material tanah yang tergerus oleh hujan.

“Semua lapisan tanah permukaan tanah dibawa oleh air hujan mengarah ke sungai besar, bahkan juga menerobos sampai ke sumber-sumber air bersih warga, sehingga air warnanya keruh,” bebernya.

Upaya PT Gema Kreasi Perdana (GKP) Bantu Persediaan Air Bersih

PT GKP, perusahaan tambang yang berada di Roko-roko, Konkep, bergerak cepat menyiapkan pasokan air bersih untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari warga setempat.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh PT GKP yakni mendistribusikan air bersih ke rumah-rumah warga. Untuk mendistribusikan air bersih, perusahaan tersebut menggunakan armada water truck.

“Langkah pertama yang kita lakukan adalah memenuhi kebutuhan air bersih warga dengan memasok air bersih ke rumah-rumah warga menggunakan water truck. Dari pagi hingga malam hari, water truck akan berkeliling ke rumah-rumah warga dan membagikan air bersih,” ujar Koordinator Humas PT GKP, Marlion.

Potretsultra

Bahkan tidak hanya itu saja, lanjut Marlion, upaya lain yang dilakukan oleh pihaknya yaitu dengan membersihkan seluruh bak besar penampungan air yang ada di desa tersebut.

“Setelah seluruh bak penampaungan dibersihkan, kemudian diisi kembali dengan air yang bersih dengan menggunakan ater truk. Air yang terdapat di dalam bak penampungan itu, akan dialiri ke seluruh rumah penduduk melalui pipa yang telah terpasang sebelumnya,” ucapnya.

Marlion menambahkan, upaya lain yang juga dilakukan perusahaan yakni membuat sumur bor bersama masyarakat. Air dari sumur bor tersebut akan ditampung menggunakan tandong yang telah didirikan oleh PT GKP.

“Air dari sumur bor akan ditampung ditandon air sebanyak empat buah dengan kapasitas lima ribu liter per tandon. Dari tandon air tersebut, air dialirkan ke pipa eksisting yang selama ini dipergunakan warga di dua desa tersebut,” terangnya.

“Pendistribusian air bersih ke rumah penduduk tersebut, merupakan upaya dari PT GKP untuk melakukan pemulihan air. Selain itu, juga sebagai antisipasi air keruh akibat intensitas hujan yang tinggi belakangan ini,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukarela Jaya, Samaga menyebut mendukung upaya yang dilakukan oleh PT GKP membantu warga dalam pendistribusian air bersih.

“Memang masalah air ini adalah masalah yang sangat vital, sehingga kita perlu melakukan antisipasi dan mencari jalan alternatif agar kebutuhan air bersih warga tidak kekurangan,” ungkapnya.

Dia berharap, ke depan saat memasuki musim hujan, sudah ada alternatif yang siap mensubstitusi sumber air yang biasa dipergunakan warga.

“Alhamdulillah, dengan berbagai upaya yang dilakukan bersama perusahaan, kebutuhan air bersih masyarakat dalam beberapa hari ini sudah kembali bersih dan bisa terpenuhi. Mohon semua pihak untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan beredarnya informasi di luar sana yang tidak menggambarkan kondisi terkini di desa. Kondisi aktivitas di desa pun tetap berjalan normal,” kata Samaga.

Laporan: Aden

Potretsultra Potretsultra Potretsultra
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *