Sukseskan Tuan Rumah Porprov 2022, Pemuda Buton Jagokan Zainuddin Napa

Keterangan Gambar : Pertandingan Sepak bola pada turnamen Askab PSSI Buton di Lapangan Banabungi, Pasarwajo tahun 2019 Lalu.

BUTON – Bupati Buton La Bakry melantik Abdul Zainuddin Napa sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Buton pada Senin (6/1/2020) lalu.

Ketua Forum Komunikasi Pemuda (FKP) Buton, Muhammad Risman mengapresiasi langkah Bupati Buton yang mengangkat Abdul Zainuddin Napa sebagai Kadispora yang baru. Apalagi Buton direncanakan bakal menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tahun 2022.

“Mengingat Buton direncanakan jadi tuan rumah Porprov, maka diperlukan kepala dinas yang siap bekerja ekstra 24 jam dan melakukan koordinasi dengan pihak terkait di daerah dan juga lobi-lobi di tingkat kementerian agar seluruh program pembangunan infrastruktur serta pemberdayaan pada dinas Pemuda dan Olahraga berjalan dengan baik,” ujar Risman, Rabu (7/1/2020).

Rekam jejak pria yang akrab disapa Bang Udin ini, lanjut Risman, tak bisa dianggap remeh. Sebelumnya ia menjabat sebagai Pelaksana teknis Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Buton.  ia mampu menciptakan inovasi dan gebrakan sehingga Festival Budaya Tua Buton terlaksana dengan baik.

“Abdul Zainuddin Napa saat menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Buton, ia sangat bekerja ekstra. Seluruh kemampuan disiapkan. Stakeholders daerah dikoordinasikan terutama kepada lintas Forkopimda,” jelasnya.

Lanjut Risman, pada pencapaian pelaksanaan Festival Budaya Tua berhasil dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Gubernur Sultra, serta para tamu Undangan pejabat ditingkat pusat sampai di daerah dan wisatawan Mancanegara. Kini, Festival Budaya Tua sudah yang ketujuh dilaksanakan secara berturut-turut setiap tahunnya dan berhasil masuk 100 program Kemenpar dalam Calender of Events tahun 2020 melalui tangan dingin Abdul Zainuddin Napa.

Selain itu, tambah Risman, keberhasilan Bang Udin juga dilihat dari pengembangan pariwisata Buton menjadikan dinas tersebut dipisahkan dengan Kebudayaan karena beban kerja meksipun Pariwisata dan Kebudayaan merupakan dinas pilihan tetapi dapat menjadikan Dinas Pariwisata sebagai dinas Tipe A dan Kebudayaan sebagai dinas Tipe C.

“Kemampuan Bang Udin dalam melakukan lobi-lobi untuk pengembangan program-program dinas ditingkat Kementerian tidak diragukan lagi. Begitu juga komunikasi dengan mitra-mitra lainnya. Tentu semangat membangun Buton lebih diutamakan sehingga dinas manapun bisa dilaksanakan dengan baik,” ucap Risman.

Dengan dilantiknya Bang Udin sebagai Kadispora Buton dapat, kata Risman, hal ini dapat memudahkan langkah sukses Porprov pada tahun 2022 mendatang di Buton. Mengingat prestasinya ketika berada di instansi apapun selalu berhasil.

“Jadi semoga dengan menduduki Kadispora, beliau (Abdul Zainuddin Napa, red) dapat mengupayakan penyelenggaraan Porprov 2022 di Buton,” pungkasnya.

Laporan: Irfan Sahidin

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *