Porang Konkep Bakal Dipamerkan di Munas Kadin

Keterangan Gambar : Bupati Konkep, Amrullah (Tengah) Saat Melepas Porang Secara Simbolis

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Di ajang Musyawarah Nasional (Munas) Kamar Dagang Industri (Kadin) Indonesia, komoditas porang asal Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) bakal dipamerkan.

Sejumlah sampel tanaman porang Konkep tersebut sudah dilepas menuju Kota Kendari untuk dipamerkan pada Munas ke VIII Kadin Indonesia yang digelar Rabu, 30 Juni sampai 2 Juli 2021.

Bupati Konkep, Amrullah menjelaskan, potensi tanaman porang telah menjadi komoditas unggulan daerah. Meski cara budidayanya masih dilakukan secara konvesional namun hasilnya patut diacungi jempol, sehingga layak dikembangkan.

Orang nomor satu di Konkep itu optimis jika potensi porang yang besar ini dikelola melalui industri maka tentu akan memiliki nilai tambah bagi petani. Bahkan dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi warga Konkep.

“Kalau hanya mengandalkan hasil pertanian yang dipasarkan tidak akan seberapa, berbeda jika hasilnya sudan dikelolah industri bisa menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat,” ujar Amrullah usai melepas tanaman porang secara simbolis di Aula Rumah Jabatan Bupati Konkep, Senin (28/6/2021).

Apalagi, lanjut Amrullah, porang ini memiliki peluang kebutuhan ekspor yang cukup besar. Sehingga pada momen Munas Kadin yang digelar di Kendari ini tanaman porang tersebut dapat dipamerkan ke para pengusaha yang datang dari berbagai kota se Indonesia.

“Melalui Munas nanti komoditi ini akan dipamerkan sebagai komoditi unggulan daerah yang bisa dikembangkan,” katanya.

Untuk diketahui, di ajang Munas Kadin ini selain memilih Ketua Umum yang baru juga menjadi momen untuk memamerkan beberapa komoditi unggulan daerah Sulawesi Tenggara yang rencananya dipusatkan di Halaman Parkir Hotel Claro Kendari.

Rencananya, Munas Kadin yang dihadiri para pengusaha se Indonesia itu dalam jadwalnya akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Pelataran Masjid Al Alam Kota Kendari.

Laporan: Jubirman

Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *