Peduli Korban Banjir, PT Masempo Dalle Serahkan Bantuan

Keterangan Gambar : Sejumlah Bantuan Peduli Banjir dari PT Masempo Dalle (Foto: IST)

KENDARI – Donasi untuk korban banjir terus mengalir ke beberapa wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra). Kini bantuan itu mengalir dari PT Masempo Dalle.

Direktur PT Masempo Dalle, Anton Timbang mengatakan, bantuan yang diserahkan berupa ratusan karung beras, ratusan dus Mie Instan, dan puluhan dus sembako lainnya untuk kebutuhan para korban banjir.

“Bantuan ini untuk masyarakat korban maupun yang berdampak banjir di beberapa kabupaten seperti Kabupaten Konawe Utara, Konawe, dan Konawe Selatan,” jelas Anton, Sabtu (22/6/2019).

Seperti yang diketahui curah hujan yang tinggi pada bulan Mei – Juli 2019 menyebabkan sejumlah daerah di Sultra banjir. Banjir tersebut terjadi H-2 Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Tentu wilayah yang datarannya rendah akan mengakibatkan rawan banjir. Hal ini disebabkan luapan air bakal terus mengalir dari tempat yang datarannya tinggi ke yang berdataran rendah. Sehingga terjadi banjir, pendangkalan sungai utamanya pada bagian hilir dan muara.

Selanjutnya, pendangkalan sungai bisa saja disebabkan oleh penumpukan sampah. Sehingga membuat aliran mampet dan terjadinya sedimentasi oleh material hasil erosi dan limpasan dari hutan yang gundul.

Laporan: Jubirman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *