Muhammad Ali Apresiasi Strategi Promosi Wisata Pemkot Baubau

Pengamat Pariwisata Sultra, Muhammad Ali (Foto: IST)
Keterangan Gambar : Pengamat Pariwisata Sultra, Muhammad Ali (Foto: IST)

Potretsultra

BAUBAU – Pemerintah Kota Bau-Bau meningkatkan kunjungan wisatawan dengan memanfaatkan momentum perayaan ulang tahun Kota Bau-bau yang akan berlangsung pada 17 Oktober 2018 mendatang.

Agenda perayaan tersebut mewajibkan seluruh PNS mengenakan pakaian adat Buton dari tanggal 1-16 Oktober 2018. Pengamat pariwisata Sultra, Muhammad Ali mengakui ini merupakan strategi promosi yang hebat.

“Dengan mengenakan pakaian adat Buton bermaksud untuk memperkenalkan dan melestarikan adat budaya Buton,” ungkap Ali melalui via WhatsAppnya, Sabtu (1310/2018).

Lanjut Ali, tidak hanya itu, wisatawan Buton juga terkenal dengan berbagai tradisi dan budaya. Salah satunya adalah sarung tenun khas Buton yang merupakan kerajinan khas sebagai peninggalan leluhur yang masih tersimpan, terpelihara dan dirawat hingga saat ini.

Potretsultra

“Salah satunya adalah kerajinan tenun, yaitu sarung Buton di Kota Baubau yang ditenun dari benang-benang istimewah,” jelasnya.

Dengan perayaan ulang tahun Kota Baubau, tambah Ali, pemerintah daerahnya menggunakan kesempatan ini untuk mempromosikan adat istiadat Buton salah satunya pakaian adat Buton.
pengenaan pakaian adat Buton ini juga sebagai ajang untuk lebih memperkenalkan budaya Indonesia ke manca negara.

“Karna perlu diketahui bahwa wisatawan manca negara yang datang ke Indonesia 70 persennya karena budaya,” tambahnya.

Muhammad Ali berharap agar daerah lain di Sulawesi Tenggara perlu melakukan hal yang sama jika ingin pariwisata di daerahnya berkembang pesat.

Laporan: Uun Alfian
Editor: Jubirman

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *