Lawan Covid 19, Residence Palm Mas Kendari Launching Bilik Desinfektan di Pintu Masuk

Keterangan Gambar : Ketua DPRD Kota, Kendari Subhan ST didampingi Ketua Pengelola Kompleks  Reidence Palm Mas Kendari AKBP Darmono Secara Resmi Melauncing Bilik Desinfektan Covid-19, (Foto: Ismed)

KENDARI Guna meningkatkan kewaspadaan akan penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19), warga perumahan Kompleks Residence Palm Mas Kendari, secara swadaya menyediakan alat sterilisasi berupa bilik desinfektan di pintu masuk kompleks. Di dalam bilik ini, tubuh para penghuni ataupun tamu langsung disterilisasi selama beberapa detik dengan menggunakan desinfektan Covid-19 yang teraliri dengan mesin.

Tampak hadir Ketua DPRD Kota, Kendari Subhan ST didampingi Ketua Pengelola Kompleks Residence Palm Mas Kendari AKBP Darmono secara resmi melaunching bilik desinfektan covid-19, Kamis (26/3/2020).

Darmono menyampaikan, giat kemanusiaan ini merupakan bentuk partisipasi warga kompleks Palm Mas Kendari secara swadaya, yang mana ini adalah bagian inovasi baru untuk menjawab keresahan yang ditimbukan dengan kondisi dan situasi yang ada saat ini.

“Sehingga warga menyampaikan kepada saya bagaimana dengan adanya wabah Covid-19 ini, kita membuat inovasi baru sebelum kita masuk dipintu masuk kompleks baik itu warga sendiri maupun yang ada diluar saat masuk dalam perumahan betul-betul sudah steril dengan wabah covid 19,” katanya.

Alhasil dari keinginan besar para penghuni perumahan Palm mas bersepakat membuat bilik desinfektan di pintu masuk yang mengharuskan para penghuni ataupun tamu yang akan masuk ke area kompleks rumah untuk memasuki bilik atau kamar atau ruang desinfektan yang dipercaya dapat membersihkan tubuh dari kuman, virus, juga bakteri.

Dengan menggunakan bahan alat sederhana berupa mesin dan tower hingga saat ini sudah diterapkan, ketika kendaran mobil atau motor sudah tersemprot desinfektan dan orangnya pun langsung turun dan cuci tangan setelah itu baru masuk dalam kompleks.

“Sehingga dengan cara seperti ini paling tidak kita sudah berpartisipasi untuk mencegah wabah Covid-19. Dan langkah yang kami lakukan ini bisa menjadi barometer untuk dilakukan di kompleks lain untuk membuat seperti ini termaksud di kantor saya dan mudah-mudahan juga di tempat lain membuatnya hal seperti ini untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Wadir Pamobvit Polda Sultra menambahkan, fasilitas pencegahan Covid-19 ini bentuk swadaya masyarakat dan partisipasinya kurang lebih Rp 5 Juta dan kemudian warga mendesain alatnya sehingga warga bisa tenang untuk mengantisipasi virus ini.

“Peralatan fasilitasi yang kami buat ini bisa diterapkan dengan perumahan lain. Kita sebagai tim teknis disini siap membantu dan membina cukup menyediakan alat dan bahan,” katanya.

“Apabila ada warga yang ingin membuat seperti ini kita akan bantu bina demi kemashalatan kita bersama,” tuturnya.

Ketua DPRD Kota Kendari Subhan mengapresiasi apa yang dilakukan masyarakat kompleks Palm Mas kendari, dan ini bisa dijadikan contoh bagian tanggung jawab pencegahan Covid-19.

“Dengan adanya gerbang sterilisasi ini. Insya Allah kita bisa pastikan bahwa setiap yang masuk dan keluar kompleks baik kendaraanya dan yang ada dalam kendaraan itu pada saat melewati gerbang ini dalam keadaan steril melalui semprotan langsung desinfektan,” paparnya.

Ia berharap, mudah-mudahan apa yang dilakukan perumahan Palm Mas ini bisa menjadi motivasi atau ide baru bagi perumahan lain yang ada di Kota Kendari untuk diterapkan di lingkuangan sekitarnya.

“Meskipun saat ini tetap mensterilkan diri kita tetap berada dalam rumah namun lingkungan juga menjadi tanggung jawab kita semua untuk disterilkan sebab itu menjadi media masuknya Covid-19,” tukasnya.

Sambung politisi PKS ini, langkah dilakukan perumahan Sesidence Palm Mas Kendari ini menjadi langkah cepat dan tepat mengikuti himbauan pemerintah bahwa tanggung jawab daripada pencegahan Covid-19 ini tidak bisa hanya pemerintah tetapi keterlibatan semua pihak adalah kunci untuk memutus rantai penyebaran virus corona di daerah ini.

“Bilik desinfektan ini menjadi potret bentuk antisipasi warga untuk mencegah merebaknya Covid-19 di daerah ini yang semakin hari semakin meluas,” pungkasnya.

Laporan:La Ismeid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *