Kerabat Buton Deklarasi Menangkan Appi-Rahman di Pilwali Makassar

Keterangan Gambar : Appi - Rahman Mengenakan Kampurui Saat Dideklarasikan oleh Kerabat Buton (Foto: IST)

Potretsultra

MAKASSAR – Sebanyak 25 komunitas relawan dari berbagai kecamatan di Makassar  mendeklarasikan diri untuk mendukung dan memenangkan pasangan Appi – Rahman dalam Pemilihan Wali Kota  Makassar periode 2021-2026.

Salah satu komunitas yang ikut mendeklarasikan diri adalah Komunitas Kerabat Buton For Appi-Rahman. Kerabat Buton merupakan kumpulan perantau yang berasal dari daerah Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), yang sudah lama bermukim dan menjadi penduduk Kota Makassar.

Acara deklarasi komunitas relawan ini berlangsung di menara Bosowa pada Minggu sore (25/10/2020) sekitar pukul 14.00-16.00 Wita. Proses deklarasi dipimpin langsung  oleh Ketua Tim Pemenangan Appi-Rahman, Erwin Aksa, yang sekaligus mengukuhkan puluhan komunitas relawan tersebut. Selain kerabat dari Buton, dukungan Appi – Rahman juga mengalir warga Makassar yang berasal dari Mandar, dan Jawa.

Dalam acara pengukuhan, relawan Kerabat Buton For Appi-Rahman memperlihatkan simbol Kebutonan mereka dengan mengenakan Kampurui atau songkok adat Kesultanan Buton sebagai bukti  komitmen terhadap pasangan calon bernomor urut 2 tersebut. Tidak hanya itu, dalam prosesi pengukuhan relawan, Komunitas Kerabat Buton  secara khusus memakaikan Kampurui kepada Erwin Aksa selaku penghargaan relawan Kerabat Buton pada ketua pemenangan Appi-Rahman.

Ketua Komunitas Kerabat Buton For Appi-Rahman, La Ode Muhammad Syafal mengatakan, Kerabat Buton adalah komunitas orang Buton  yang memilih mendukung Appi-Rahman karena menilai kota Makassar sangat tepat dipimpin oleh pasangan Appi-Rahman. Menurutnya, Appi-Rahman adalah pasangan yang ideal sebagai representasi pengusaha profesional dan birokrat berpengalaman. Keduanya dianggap cocok menahkodai kota Makassar sebagai kota jasa dan perdagangan.

“Pak Appi itu adalah pengusaha profesional yang punya jaringan bisnis secara nasional. Kota Makassar ini harus dipimpin sosok seperti beliau agar perekonomian kota ini kembali bangkit di tengah situasi Covid-19 yang  sudah melemahkan kondisi kehidupan ekonomi  masyarakat. Apalagi Pak Appi didampingi oleh  Pak Rahman Bando yang juga birokrat berpengalaman dan berprestasi,” ungkap La Ode Syafal.

Mantan atlet karate itu mengatakan, selepas acara pengukuhan tersebut, pihaknya akan melakukan pendataan dan identifikasi orang-orang Buton yang berada di kota Makassar untuk mengajak mereka mendukung calon pasangan Appi-Rahman.

Syafal menambahkan Komunitas Kerabat Buton juga akan melakukan syowan  kepada tokoh-tokoh orang Buton yang sudah lama berkecimpung di Kota Makassar.

“Di Makassar ini banyak tokoh orang Buton yang sudah sukses meniti karir. Kami akan syowan pada mereka dan kami berharap orang-orang Buton di Makassar bisa mendukung Appi-Rahman,” katanya.

Laporan: Redaksi

Potretsultra Potretsultra
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *