Heboh Terpidana Setya Novanto, Zakir Rasyidin: Menkumham Sebaiknya Mundur

M Zakir Rasyidin (Foto: IST)
Keterangan Gambar : M Zakir Rasyidin (Foto: IST)

Potretsultra

JAKARTA – Terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto pelesiran ke toko bangunan mewah di Padalarang, Bandung, Jawa Barat. Setya Novanto awalnya mengaku sakit dan direkomendasikan oleh dokter Lapas Sukamiskin untuk diperiksa di rumah sakit.

“Jadi awalnya Pak Setya Novanto itu mengeluh sakit, diperiksa oleh dokter LP (Lapas Sukamiskin, red), kemudian pada tanggal 10 (Juni 2019) dilaksanakan sidang TPP (Tim Pengamat Pemasyarakatan) di lapas, itu sesuai prosedur,” ujar Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi Kementerian Hukum dan HAM Yunaedi saat dihubungi, Minggu (16/6/2019) seperti yang dikutip dari detik.com

Tentu kejadian ini mengundang banyak reaksi, salah satunya datang dari praktisi hukum Muhammad Zakir Rasyidin. Menurutnya, kejadian serupa bukan kali ini saja terjadi tetapi sudah sering.

“Ini bukti bahwa pengawasan di Lapas masih kurang maksimal, seolah kompromi masih mendominasi,” ujar Zakir Rasyidin kepada Potretsultra.com, Senin (17/6/2019).

Atas pengawasan yang masih didominasi kompromi ini, Zakir Rasyidin meminta agar Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly segera mundur dari jabatannya. Karena Zakir menilai, kejadian yang dilakukan oleh Setnov di Lapas Sukamiskin ini bukan hal yang baru bagi seorang Narapidana (Napi).

“Sebaiknya Menkumham dan Dirjen terkait dengan gagah berani mundur dari jabatanya,” tegasnya.

“Ini bukan kali pertama seorang Napi bebas plesiran keluar Lapas,” jelasnya.

Zakir Rasyidin mengingatkan kasus Gayus Tambunan yang malah ikut nonton dan menyaksikan sebuah pertandingan olahraga di Bali. “Kita masih ingat kasus Gayus Tambunan, yang terdokumentasi nonton bareng pertandingan tenis di Bali,” sambung Zakir.

Sebelumnya, Novanto kepergok pelesiran ke toko bangunan yang berada di Padalarang. Dalam foto yang beredar, Novanto tampak mengenakan kemeja lengan pendek, kepalanya memakai topi hitam dan wajahnya ditutup masker.

Dalam foto itu, Novanto tampak berbincang dengan seorang wanita berjilbab yang tengah menenteng tas berwarna merah yang diduga istrinya Setnov.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *