Amrullah – Andi Lutfi: Potret Keharmonisan Politik yang Berhasil Duduk 2 Periode

Keterangan Gambar : Bupati Konkep. Ir. H. Amrullah, MT Bersama Wakil Bupati Andi Muhammad Lutfi, SE, MM

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Tepat pada Jumat (26/2/2021) di Aula Rujab Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ir. H. Amrullah, MT dan Andi Muhammad Lutfi, SE, MM resmi kembali dilantik untuk menahkodai Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) periode 2021 -2024.

Selain Bupati Amrullah dan Wakil Bupati Andi Muhammad Lutfi, Gubernur Sultra H. Ali Mazi, SH juga melantik Bupati Kolaka Timur Samsul Bahri Wakil Bupati Andi Merya Nur, serta Bupati Buton Utara Muhammad Ridwan Zakariah dan Wakil Bupati Ahali.

Berbeda dengan kabupaten-kabupaten lain di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara, pasangan Amrullah – Andi Lutfi terus mesra hingga ke periode kedua. Jika melihat 6 (enam) kabupaten lainnya, antara bupati dan wakilnya saling bercerai dalam menghadapi Pilkada serentak 2020 lalu.

Lihat saja di Kabupaten Konawe Utara (Konut). Bupati Ruksamin pecah kongsi dengan wabupnya, yakni Raup. Raup Head to Head dengan Ruksamin dalam Pilkada Konut 2020. Lihat juga di Kolaka Timur, sang wakil bupati Andi Merya Nur malah ‘bercerai’ dengan bupati petahana Tony Herbiansyah. Andi Merya Nur malah mau ‘dilamar’ oleh Samsul Bahri untuk memenangkan Pilkada Koltim 2020.

Ir. H. Amrullah, MT dan Andi Muhammad Lutfi, SE, MM Saat Dilantik oleh Gubernur Sultra

Ir. H. Amrullah, MT dan Andi Muhammad Lutfi, SE, MM Saat Dilantik oleh Gubernur Sultra

Cerita Koltim mirip dengan di wakatobi. Ilmiati Daud sebagai wakil bupati berpisah dengan Arhawi sebagai bupati dan menerima ‘lamaran’ Haliana di Pilkada wakatobi 2020. Sedangkan di Konawe Selatan (Konsel), Bupati Surunuddin Dangga malah ‘menceraikan’ wakilnya Arsalim Arifin. Surunuddin malah menggandeng Rasyid dalam perhelatan politik 2020.

Jika kita menengok di Buton Utara, maka kita juga menemukan Bupati Abu Hasan yang menjatuhkan pilihan untuk ‘berpisah’ dengan Ramadio. Abu Hasan menggandeng Suhuzu dalam melawan kembali rivalnya di Pilkada 2015 lalu, yakni Muhammad Ridwan Zakariah. Begitupun di Muna, Rusman Emba malah mengambil Bahrun Labuta sebagai wakil dan menceraikan Abdul Malik Ditu dalam menghadapi tantangan Rajiun Tumada – La Pili di Pilkada Muna 2020.

Kata pepatah, dalam politik tak ada kawan dan lawan yang abadi. Namun berbeda dengan Amrullah dan Andi Lutfi di Pilkada Konkep. Pasangan berakronim BerAMAL itu terus tampil ‘mesra’ dari Pilkada 2015 hingga berhasil memenangkan Pilkada 2020 untuk periode kedua.

Laporan: Jubirman

Potretsultra
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *