Usia ke 33 Tahun, Unsultra Makin Berkiprah Tingkatkan Kualitasnya

Keterangan Gambar : Prof Dr Ir Andi Bahrun MSC Agric

Potretsultra

KENDARI – Rektor Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra), Prof Dr Ir  H Andi Bahrun M.SC Agric mengungkapkan, memasuki usianya ke 33 tahun, Unsultra terus berkiprah meningkatkan kualitasnya, yakni mampu bersaing dengan kampus-kampus yang lebih termuka di Indonesia timur baik peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), sarana prasarana maupun bidang kerjasama dengan negara yang ada di luar negeri.

Kata Andi, bahwa sejauh ini kepercayaan publik terhadap kampus yang memiliki branding Seksi ini, menunjukan tren yang sangat positif. Kondisi tersebut tergambar dengan banyaknya peminat mahasiswa dari tahun ke tahun baik S1 maupun S2. Kendati pun program magister tersebut baru terbuka peminatnya lebih banyak.

“Untuk Program S2 yang dibuka baru S2 ilmu Hukum dan kedepan kita akan merencanakan lagi S2 Ilmu pemerintahan. Perlu diketahui kalau S1 dari beberapa pembelajaran kami juga sudah merancang sistem pembelajaran online,” ringkasnya.

Lebih detail lagi ia menjelaskan, prestasi mahasiswa kini lebih menggembirakan yakni dapat meraih juara inovasi kewirausahaan tingkat Provinsi hingga tembus ketingkat nasional walaupun belum berhasil. Selain itu kelembagaan mahasiswa tingkat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dipercaya oleh pemerintah pusat untuk mewakili Indonesia di luar negeri.

“Dari 45 mahasiswa yang berangkat ke negeri China salah satunya dari mahasiswa Unsultra,” ujarnya.

Belum lagi katanya, prestasi kewirausahaan mahasiswa terus kami dorong termaksud peningkatan kualitas akademik dan penelitian dosen juga mengalami hal yang menggembirakan antara lain publikasi jurnal bisa tembus nasional maupun international.

“Sekarang dosen-dosen sudah mulai berpartisipasi membuat buku-buku melalui penerbit Unsultrapres” terang Andi Bahrun, Rabu 17 Desember 2019.

Selain itu Andi bilang, perkuliahan selama ini menunjukan kualitas semakin baik yang didukung dengan sarana prasarana yang lebih memadai dan menunjung kebutuhan SDM unsultra. Salah satunya terbangunya Rusunawa calon pemimpin masa depan yang Insya Allah yang tak lama lagi ditempati mahasiswa rencana Januari 202O akan diresmikan.Mudah-mudahan kedepan harapan saya akan mendatangkan tokoh nasional yang bisa meresmikan dan kalau tidak gubernur Sultra.

Sambungnya, terobosan lain yang lebih digenjot yakni kerjasama baik luar negeri maupun luar negeri semakin lebih meningkat dan ini sebagai bentuk kehadiran Unsultra mampu berkiprah ketingkat internasional dengan bentuk Momorandum Of Understand (MoU) yang terbangun selama ini.

“Salah satu desain untuk meningkatkan kualitas pembelajaran terus giat mendatangkan pakar praktisi nasional dan ini terus digenjot dan sekarang ini kami lagi bersurat untuk mendatangkan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) termaksud Ketua KPU RI,” urainya.

Memang diharapkan tokoh-tokoh nasional mampu dihadirkan guna menambah wawasan mahasiswa dan dosen apalagi sekarang menghadapi momentum Pilkada 7 Kabupaten Kota se Sultra perlu membuka ruang diskusi khusus terkait kepemiluan.

“Kami mempersiapkan SDM mahasiswa Unsultra bukan semata-mata untuk menjadi pegawai negeri tetapi betul-betul kami mempersiapkan SDM yang bisa menghadapi tantangan itu dengan menggenjot kewirausahaan dan menciptakan calon-calon pengusaha muda yang handal dan profesional,” pungkas Andi Bahrun.

Laporan: La Ismeid

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *