Tahun Ini, Pemda Konkep Bakal Bangun Laboratorium Komputer di 8 SD

Keterangan Gambar : Kepala Bidang Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep, Umaryadi

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Kepulauan (Konkep) terus berbenah dan berinovasi untuk membangun dan memajukan daerahnya.

Dalam menghadapi era Industri 4.0 ini, Pemda Konkep melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) di tahun 2021 bakal membangun laboratorium komputer di sejumlah Sekolah Dasar (SD) yang tersebar di 7 (tujuh) kecamatan se Konkep.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep, Muhammad Yani melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas), Umaryadi mengungkapkan, Pemda bakal membangun 8 gedung laboratorium komputer lengkap dengan segala perabotnya.

“Yang kami ajukan itu sekira 18 gedung laboratorium yang akan dibangun, tapi ternyata Kementerian Pendidikan hanya bisa merekomendasikan 8 gedung,” ungkap Umaryadi saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (5/4/2021).

Namun kata Umaryadi, untuk pengadaan unit komputernya akan direalisasikan pada tahun 2022 mendatang. Ia menambahkan, Pemda Konkep menggelontorkan Rp. 1,8 Miliar untuk pembangunan 8 gedung laboratorium komputer tersebut.

“Anggaran yang digelontorkan Rp. 1,8 Miliar, masing-masing gedung dianggarkan Rp. 233 juta,” katanya.

Sebelumnya pada tahun 2020 lalu, lanjut Umaryadi, 5 (lima) Sekolah Dasar diberikan sejumlah unit komputer. Masing-masing sekolah mendapatkan 28 unit yakni di SDN Nambo Jaya Kecamatan Wawonii Tenggara, SDN Lawey Kecamatan Wawonii Selatan, SDN Ladianta Kecamatan Wawonii Timur Laut, SDN Noko Kecamatan Wawonii Timur Laut, dan SDN Labeau di Kecamatan Wawonii Utara.

“Kami sudah menurunkan beberapa unit komputer di 5 SD pada tahun 2020 lalu dengan menggunakan APBD Konkep. Masing-masing SD 28 unit komputer, hanya bangunannya belum ada,” terangnya.

“Jadi, yang sudah ada unit komputernya ini tahun depan kita bangunkan gedung laboratoriumnya,” tambahnya.

Umaryadi berharap, pembangunan laboratorium komputer ini salah satunya untuk mendorong proses pembelajaran yang berbasis tekhnologi. Apalagi kebijakan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan saat ini menghapus Ujian Nasional dan memberlakukan Asesmen Nasional.

“Kedepan akan diadakan Asesmen Nasional, kalau kita tidak siap secara infrastrukturnya, maka tentu kita akan ketinggalan nanti,” katanya.

Untuk diketahui, 8 Sekolah Dasar yang bakal dibangunkan laboratorium komputer pada tahun 2021 ini yaitu sebagai berikut.

  1. SDN 2 Mawa di Kecamatan Wawonii Utara
  2. SDN 2 Waworope di Kecamatan Wawonii Utara
  3. SDN 2 Mosolo di Kecamatan Wawonii Tenggara
  4. SDN 2 Roko-Roko di Kecamatan Wawonii Tenggara
  5. SDN 2 Lampeapi di Kecamatan Wawonii tengah
  6. SDN Batumea di Kecamatan Wawonii Tengah,
  7. SDN 2 Bobolio di Kecamatan Wawonii Selatan,
  8. SDN 2 Lebo di Kecamatan Wawonii Timur

Laporan: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *