Tahun 2021, Pemda Konkep Genjot Pengaspalan Jalan dan Bangun 3 Jembatan

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Konkep, Israwan Sulfa

KONAWE KEPULAUAN – Di tahun 2021 ini, Pemerintah Daerah Konawe Kepulauan (Konkep) dibawah kepemimpinan Bupati Ir. H. Amrullah, MT dan Wakil Bupati, Andi Muhammad Lutfi, SE, MM terus menggenjot pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Konkep, Israwan Sulfa saat ditemui di ruangannya, Rabu (13/1/2021). Kata dia, saat ini sedang dilakukan asistensi Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) di Pemerintah Provinsi Sulawesi tenggara. Namun untuk di tahun 2021 ini Dinas PUPR Konkep mengusulkan pengaspalan jalan sekitar 14 Km

“Usulan dinas sementara asistensi DPA di provinsi untuk pengaspalan jalan sekitar 14 Km,” ujar Israwan Sulfa.

Israwan membeberkan, pengaspalan jalan sekitar 14 Km yang diusulkan tersebut lokusnya yakni melanjutkan pengaspalan di Mata Dimba menuju Lebo Kecamatan Wawonii Timur. Kemudian menyambungkan pengaspalan jalan Lansilowo ke Tumburano yang masih terputus. Kemudian di Mata Iwoi menuju Wawobeau

Lanjut Israwan, di tahun 2021 ini juga akan dilakukan pengaspalan jalan menuju akses destinasi wisata yakni dari arah Langara menuju tempat wisata Pantai Kampa.

“Tahun ini kami usulkan juga pengaspalan jalan untuk akses wisata dari Langara menuju Pantai Kampa,” jelasnya.

Selain itu, Israwan juga mengatakan, di wilayah Ibukota Konkep ini juga akan dilakukan pengaspalan dari dari simpang empat menuju arah Perkantoran Bupati dan menuju arah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD). Ia juga menambahkan bahwa akan dilakukan pula pengaspalan jalan dari arah Langara menuju Lampeapi.

“Kemudian kita melanjutkan pengaspalan jalan dari Langara menuju Lampeapi yang sedikit terputus itu. Kemudian pengaspalan dari Simpang Batumea menuju Batumea dan akses menuju Wawo Indah,” katanya.

Untuk di wilayah Kecamatan Wawonii Selatan, Pemda Konkep akan melanjutkan pengaspalan di ruas jalan Wawouso ke arah Bobolio. Sedangkan untuk di wilayah Wawonii Tenggara, fokus pengaspalan jalan yakni akan menuntaskan ruas jalan Roko Roko menuju arah Lawey.

Tak hanya itu, di Wawonii Tenggara juga ada anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sekitar 3 Km untuk pengaspalan jalan di wilayah Polara yang dimulai dari Simpang Puskesmas Polara.

Selain pengaspalan jalan, tambah Israwan, Pemda Konkep juga terus menggenjot pembangunan jembatan. Tahun 2021 ini, Dinas PUPR mengusulkan 3 titik untuk dilakukan pembangunan jembatan.

“Untuk pembangunan jembatan dari DAK ini ada 3 titik yakni Jembatan Noko yang dipending tahun lalu, kemudian Jembatan Lebo, dan Jembatan Lamoluo 3,” tambahnya.

“Melalui pengaspalan jalan ini, kita berharap agar akses kita semakin cepat dan ini merupakan program keberlanjutan yang terus diprogreskan oleh Pemda,” pungkas Israwan.

Laporan: Jubirman

Share

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *