Soal Jalan Rusak di Gunung Gamal, Dinas PU Konkep: Itu Status Jalan Provinsi

Keterangan Gambar : Tim dari Dinas PU Konkep Saat Lembur Kerja Benahi Jalan Batumea

KONAWE KEPULAUAN – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) terus bekerja siang – malam untuk membenahi jalanan yang rusak agar bisa kembali dilewati dengan maksimal.

Kini Dinas PU Konkep sedang bekerja membenahi jalan di Batumea Kecamatan Wawonii Tengah dengan tanpa mengenal waktu.

“Sekarang kru dan anggota kita terus berada di lapangan di jalan Batumea. Kita lembur overtime benahi terus siang malam,” ujar Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Konkep, Unang Sulaeman kepada Potretsultra.com, Jumat Malam (22/5/2020).

Saat ditanyai soal adanya jalan yang rusak di Jalan Poros wilayah Kecamatan Wawonii Selatan, Unang menjelaskan, status jalan tersebut merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra). Ia membantah tudingan seolah-olah Pemerintah Daerah (Pemda) Konkep tutup mata persoalan inftastruktur jalan di Gunung Gamal wilayah Kecamatan Wawonii Selatan itu.

“Ini yang dilemanya, bukan kita tutup mata. Namun karena yang jalur Gunung Gamal itu adalah status jalan provinsi dan kewenangan berada di Pemerintah provinsi,” jelasnya.

Menurut Unang, Dinas PU Pemprov Sultra pernah menjanjikan bahwa tahun 2020 ini akan ada penanganan dari Pemprov. “Mereka sudah komunikasi dengan kita, tahun ini ada penanganannya. Hanya tertunda akibat covid-19, bahkn kita sudah bantu untuk pemeliharaan jembatan darurat di Bobolio,” bebernya.

Unang meyakinkan, secepatnya akan segera dikoordinasikan persoalan jalan rusak di Gunung Gamal Kecamatan Wawonii Selatan ke Dinas Bina Marga dan SDA Pemprov Sultra.

“Nanti tetap saya koordinasi dengan Dinas Bina Marga dan SDA Provinsi, supaya mereka cepat tangani. Karena kadang-kadang orang awam dan umum selalu Pemda kabupaten yang disalahkan, padahal itu kewenangan jalan provinsi,” terangnya.

“Karena nanti kalau kita tangani, keliru lagi terkait pertanggung jawaban,” pungkasnya.

Laporan: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *