Prof Andi Bahrun Resmi Dilantik Sebagai Ketua PERAGI Sultra

Keterangan Gambar : Prof Dr Ir H Andi Bahrun MSC Agric

KENDARI–  Rektor Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra),Prof Dr Ir H Andi Bahrun MSC Agric,secara resmi dilantik menjadi Ketua Perhimpunan Agronomi Indonesia (PERAGI) Komisariat Daerah (Komda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) masa bakti 2020-2023.

Pengukuhan Ketua dan pelantikan Peragi Komda Sultra dipimpin lansung oleh Ketua PERAGI Pusat,Prof Dr H Muhammad Syakir,bersamaan dengan Pelantikan Ketua PERAGI Komda Maluku Utara melalui via zoom,pada Jumat 22 Mei 2020.

Prof Andi Bahrun,dilantik berdasarkan surat keputusan pengurus pusat Perhimpunan Agronomi Indonesia nomor:24/SK/PERAGI/KOMDA/VI/2020 yang ditandatangi ketua Peragi Pusat dan Sekertaris Umum.

 

Melalui sambutanya,Andi Bahrun,sangat berterima kasih kepada amanah yang diberikan ini.Dikatakanya,dua hari yang lalu bangsa Indonesia Memperingati Hari Kebangkitan Nasional,dalam suasana Bulan Suci Ramadhan dan juga dan Kondisi Darurat Nasional Kesehatan Akibat Pandemi Civid 19,dan sesuai anjuran pemerintah“Stay at Home” Bekerja dan Belajar Dari Rumah serta Ibadah di Rumah,dengan salah satu hikmahnya adalah kemampuan pemanfaatan IT mengalami lompatan jauh,terjadi Transformasi Digital yang Signifikan termasuk Pelantikan hari ini secara virtual, Hal ini benar2 “The New Normal”

“Oleh karena itu kita berdoa semoga Pelantikan hari ini, benar-benar menjadi awal kebangkitan Pertanian Khususnya Pertanian 4.0 di Kawasan Timur Indonesia, sehingga PERAGI mampu berkontribusi riil dalam mengoptimalkan sumber daya potensial di daerah seperti Provinsi Sultra dan di seluruh nusantara pada umumnya,”katanya.

Sudah menjadi keharusan sambungya, untuk mendorong percepatan pembangunan pertanian yang berbasis pada kearifan lingkungan dan sosialnya dengan dukungan IPTEKS sehingga mampu mengangkat kesejahteraan petani dan menopang kehidupan masyarakat secara berkelanjutan.

Kata dia,sebagai bagian dari mitra kerja pemerintah PERAGI merasa terpanggil dan sangat berkepentingan untuk berkontribusi dalam memberi masukan terhadap program-program pembangunan pertanian, terutama peningkatan kapasitas sumber daya manusia ke arah peningkatan daya saing produk petanian asli Indonesia di pasar global dan mewujudkan Sultra sebagai Salah Satu Cadangan Lumbung Pangan Indonesia dan demi memantapkan Indonesia Sebagai Lumbung Pangan Dunia 2045”.

“Kita sudah sama ketahui bahwa perkembangan yang sangat pesat di bidang teknologi digital, telah mengkondisikan dunia (suka atau tidak suka) untuk memasuki era industri 4.0, terlebih lagi pada masa pandemic covid 19 dan juga pasca pandemic covid 19,”terangnya.

Lebih detail lagi dia,menjelaskan,aplikasi industri 4.0 dibidang pertanian, Agriculture 4.0, yang berbasis internet banyak digunakan untuk pengembangan “precision farming”.Teknik budi daya pertanian presisi mengkondisikan budi daya pertanian dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan tanaman secara cepat dan tepat.

Dengan demikian katanya,budi daya pertanian pada era industri 4.0 akan ditentukan oleh ketersediaan data yang besar (big data),kecerdasan buatan (artificial intelligence), dan kreativitas (creativity).Melalui ketiga syarat tersebut, budi daya pertanian akan berkembang ke arah pemenuhan pangan yang sesuai dengan kebutuhan individu, ramah lingkungan,efisien,dan efektif.

Sambungnya lagi,oleh karena itu dalam kepengurusan PERAGI Sultra ada Pakar IT yang mulai konsen dengan Pertanian Berbasis IT.Dengan demikian kami berdoa dan berharap para generasi milenial khususnya di Sultra lebih tertarik untuk menekuni usaha pertanian dalam menunjang ekonomi keluarganya.

Sinergitas PERAGI Pusat Dan Daerah, memiliki potensi besar untuk bergotong royong dalam membangun pertanian Indonesia melalui peran sebagai agronom modern, sehingga produktivitas dan daya saing pertanian meningkat.

“Kami mohon kiranya PERAGI Pusat terus memberikan support dan motivasi,agar PERAGI Sultra bisa melaksanakan amanah organisasi dengan baik dan membawa kemaslahatan bagi umat manusia.Akhirnya,kami atas nama PERAGI Sultra menyampaikan terima kasih kepada Ketua PERAGI atas amanah ini,seraya memohon Ridha Allah SWT agar kami bisa melaksanakan amanah ini dengan baik dan tetap Istiqamah berinovasi dalam pengabdian dibidang pertanian.Bersama PERAGI Majulah Pertanian Sultra.Bersama PERAGI Jayalah Pertanian Indonesia,”harapnya.

Pada kesempatan yang sama usai pelantikan Ketua Komda PERAGI Sultra dan Ketua PERAGI Komda Maluku Utara dilansungkan Webinar’ dengan temah”Hidupkan Kembali Jalur Rempah Dunia Dari Indonesia”

Laporan:La Ismeid

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *