Konkep Jadi Daerah Tercepat ke 3 Se Sultra dalam Penyaluran BLT DD

Keterangan Gambar : Bupati Konkep Saat Menyerahkan Secara Simbolis BLT Dana Desa di Desa Langara Tanjung Batu

KONAWE KEPULAUAN – Bupati Konawe Kepulauan (Konkep), Amrullah nampaknya benar-benar melakukan kerja cepat dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa.

Bahkan orang nomor satu di Konkep itu hampir tiap hari keliling ke desa-desa untuk memantau langsung di lapangan dalam penyaluran BLT Dana Desa kepada warga yang terdampak Covid-19.

Atas kerja cepat itu, ternyata Kabupaten Konawe Kepulauan menempati urutan ke-3 dalam penyaluran tercepat pencairan BLT dana desa se-Sulawesi Tenggara (Sultra). Urutan pertama ditempati Muna Barat dengan 81 desa, kemudian disusul Buton Selatan dengan 60 desa, dan Konkep dengan 89 desa.

Hal ini dikatakan oleh Koordinator P3MD Kemendes PDTT Kabupaten Konkep Ansaruddin. Dalam pencairan BLT Dana Desa, Ia mengakui bahwa memang Konkep telah rampung 100 persen untuk periode I dengan desa terakhir yang cair adalah Pasir Putih Kecamatan Wawonii Barat.

“Desa Pasir Putih menjadi penentu masuknya Konkep di posisi ke-3 sebagai penyalur BLT DD tercepat se Sultra,” ujar Ansaruddin saat dikonfirmasi Potretsultra.com, Jumat (22/5/2020).

Ansaruddin menjelaskan, cepatnya penyaluran BLT DD di Konkep itu tentu tak terlepas dari kiprah sang Bupati Konkep, Amrullah. “Bupati Amrullah memang sangat respon soal ini, bahkan hampir tiap hari beliau keliling untuk memantau langsung pencairan BLT,” katanya.

Bahkan, lanjut Ansaruddin, kini justru DD untuk tahap II juga telah keluar SP2Dnya. Artinya bahwa untuk tahap II, Konkep sudah cair sebanyak 89 desa, namun yang sudah diinput pada sistem pendataan online baru 88 desa.

Kata Ansaruddin, ini Tltinggal menunggu saja tahap II tiba ke rekening masing-masing desa setelah KPPN menerbitkan SP2D. Setelah itu, pihak bank yang menampung DD ini, dan itu pasti tidak akan lama.

“Ya, paling jauh 2 hari karena letak geografis Konkep yang jauh dari kantor bank,” ucapnya.

Dengan segera cairnya Dana Desa tahap II ini, menurut Ansaruddin, maka BLT DD untuk periode Mei secepatnya juga sudah bisa dicairkan ke warga terdampak Covid-19 usai lebaran Hari Raya Idul Fitri.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *