Soal Dana Kampanye, KPU Konkep Gelar Bimtek LPSDK

Keterangan Gambar : Suasana Bimtek LPDSK Pilkada Konkep (Foto: IST)

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) di Aula KPU Konkep, Selasa (27/10/2020).

Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum dan Pengawasan KPU Konkep, Nasrudin menjelaskan, periode pelaporan LPSDK yaitu satu hari setelah penutupan pembukaan dan ditutup satu hari sebelum penyampaian LPSDK ke KPU paling lambat pada Pukul 18.00 Wita.

“Itu dilaporkan pada 31 Oktober 2020,” ujar Nasrudin.

Nasrudin juga menjelaskan bahwa untuk sumber dari dana kampanye terdiri dari beberapa sumber pendanaan. Bisa dari pasangan calon (Paslon) sendiri, bisa juga dari Partai Politik (Parpol), juga dari pihak lain. Untuk sumber dana dari Paslon sendiri berasal dari harta kekayaan pribadi Paslon yang bersangkutan.

Sedangkan untuk sumber dana kampanye dari para Parpol yakni berasal dari keuangan Parpol tersebut atau gabungan parpol yang mengusungkan Paslon maju bertarung di Pilkada serentak tahun 2020 ini.

“Untuk sumber dana kampanye dari pihak lain bisa berasal dari perseorangan, kelompok, atau badan hukum swasta,” jelas Nasrudin.

Untuk diketahui, Bimtek ini dilakukan dengan tetap mengedepankan protokol pencegahan Covid-19.

Laporan: Redaksi

Potretsultra
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *