Roni Muhtar Optimis Baubau Mampu Jadi Kota Smart City

Keterangan Gambar : Sekda Kota Baubau, Dr. Roni Muhtar, M.Pd (Sumber: Dinas Kominfo Kota Baubau)

Potretsultra

BAUBAU – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Baubau Dr. Roni Muhtar, M.Pd. merasa optimis Baubau akan mampu menjadi Kota Smart City atau Kota Cerdas.

Pasalnya, langkah besar tersebut sejalan dengan Visi Misi Pemerintah Kota Baubau, yakni ingin menjadikan Baubau sebagai Kota yang Maju, Sejahtera, dan Berbudaya. Rasa optimis tersebut disampaikan Dr. Roni Muhtar melalui materinya pada Bimbingan Teknik (Bimtek) tahap 1 penyusunan master plan untuk menuju Smart City di ruang Auditorium kantor Wali Kota Baubau pada Rabu (1/9/2021).

Dalam keterangan persnya, Roni Muhtar mengungkapkan, dengan potensi yang dimiliki, Kota Baubau sepenuhnya mampu mengisi indikator Kota Smart city. Pasalnya, selain sejalan dengan Visi Misi Pemerintah, Baubau juga merupakan Kota yang berada pada posisi strategis. Selain itu, Kota Baubau juga merupakan Kota yang memiliki sejarah yang baik.

“Bila ditarik garis besarnya, Baubau potensinya menuju Smart City sangat layak. Bagaimana tidak, posisi Kota Baubau sangat strategis,” ungkap Roni Muhtar seperti dikutip dari Akun Facebook milik Pemkot Baubau.

Posisi ini sejak dulu menjadi jalur rempah-rempah dan sekarang menjadi penghubung jalur tol laut dari Timur Indonesia ke Barat Indonesia, begitu juga sebaliknya.

“Selain itu, Baubau juga punya sejarah dan peradaban historis yang sangat baik, terlebih dengan potensi alam yang dimiliki saat ini. Tak ayal Kota Baubau sudah dapat menempati sebagian indikator kota cerdas itu. Untuk itu, infrastruktur kota sekarang harus terkoneksi dengan Smart City,” imbuhnya.

Roni Muhtar juga menambahkan, Selain potensi alam, sejarah, dan posisi strategis, Kota Baubau juga memiliki Sumber Daya Manusia yang mumpuni, serta berpegang teguh pada prinsip. Di mana prinsip yang menjadi pegangan masyarakat Baubau tersebut dalam bahasa Wolio disebut Tara, Turu, dan Toro.

“Tara itu artinya tahan, seperti apa pun kehidupan yang dijalaninya pasti tahan. Kemudian, Turu itu bermakna Patuh, kalau menjadi bawahan dia sangat patuh dengan penuh komitmen berintegrasi tinggi serta patuh terhadap aturan. Lalu, Toro atau tegak lurus, artinya kalau mengambil sikap tetap tegak lurus tidak goyang walaupun badai menghadang, dia tetap konsisten,” jelasnya.

Lebih lanjut Sekda Baubau mengungkapkan, atas dasar prinsip tersebut, kualitas masyarakat dan kualitas Pemerintahan Kota Baubau saat ini bisa menumbuhkan simpul-simpul Smart City. Untuk itu, pihaknya akan terus mematangkan Sumber Daya Manusia dalam mewujudkan Kota Baubau sebagai Kota cerdas.

Kepada para peserta, Roni Muhtar juga menjelaskan, Pemerintah Kota Baubau saat ini telah menerapkan sistem Pemerintahan PO-5. Di mana PO-5 tersebut mengandung nilai-nilai luhur yang sangat tepat bila di elaborasi menjadi Smart Government. Sebab, bila diimplementasikan dengan baik oleh masyarakat, Smart Environment dan Smart Living mudah dicapai.

“Olehnya itu, dengan potensi unggul yang dimiliki Kota Baubau, harus dijadikan peluang untuk mendulang keuntungan. Karenanya maka, masyarakat dan pemerintah harus seirama dalam menuju dalam menuju dan mewujudkan Baubau sebagai Smart City,” pungkasnya.

Sumber: Dinas Kominfo Baubau

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *