Kabar Gembira, Asrama Mahasiswa Wawonii Buka Pendaftaran Mulai Besok

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep, Drs. Muhammad Yani

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Kepulauan (Konkep) nampaknya benar-benar serius dalam memajukan Sumber Daya Manusia (SDM).

Program unggulan Pemda Konkep seperti Beasiswa Wawonii Cerdas hingga kini terus bergulir dan terbukti mampu meringankan beban orang tua mahasiswa. Saat ini, Pemda kembali meluncurkan program yang bisa disebut andalan. Kabar gembira kembali muncul bahwa kini Asrama Mahasiswa Wawonii telah siap ditempati dan akan segera dibuka pendaftaran.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep, Drs Muhammad Yani. Kata dia, Asrama Mahasiswa Wawonii yang beralamat di Jalan Pangeran Antasari Anduonohu Kota Kendari itu sudah bisa ditempati.

“Rencananya, kami akan membuka pendaftaran untuk penghuni asrama mulai Besok Jumat tanggal 3 sampai 20 September 2021,” ujar Muhammad Yani saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (31/8/2021) lalu.

Lebih lanjut Muhammad yani menjelaskan, ketentuan pendaftaran yakni mahasiswa mengajukan surat permohonan yang ditujukan kepada Bupati Konkep cq Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep. Selain itu, mahasiswa juga diharuskan membuat surat pernyataan siap mengikuti tata tertib sebagai Standar Operasional Prosedur (SOP) asrama.

“Nanti akan ada format khusus yang akan diberikan ke calon penghuni asrama sebagai salah satu berkas yang harus dilengkapi,” jelasnya.

Mahasiswa calon penghuni asrama, tambah Muhammad Yani, wajib melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP)-Elektronik, Kartu Keluarga, Kartu Mahasiswa atau surat keterangan aktif kuliah, dan Surat Keterangan Tidak Mampu dari kepala desa atau lurah setempat. Hal tersebut karena asrama mahasiswa Wawonii ini diperuntukan ke mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi untuk semester 2 sampai semester 6.

“Data yang dimasukkan harus benar-benar valid, karena pihak panitia akan melakukan verifikasi faktual ke desa atau kelurahan sesuai alamat di KTP,” tambahnya.

Seluruh berkas pendaftran yang akan diajukan dapat diantar melalui Kantor Pos dengan alamat yang ditujukan ke Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep, Kompleks Perkantoran Bupati Lantai 2.

Muhammad Yani juga menyampaikan, Asrama Mahasiswa Wawonii ini diperuntukan khusus wanita. Rencananya kedepan akan dibangunkan juga Asrama Mahasiswa Wawonii khusus untuk laki-laki atau putra.

“Asrama ini khusus putri yang terdiri atas 28 kamar, masing-masing kamar akan ditempati 2 orang. Kemudian kedepan rencana akan dibangunkan juga asrama putra,” katanya.

“Jika jumlah pendaftar lebih besar daripada daya tampung asrama yakni sekitar 56 orang mahasiswa, maka panitia akan melakukan pembagian kuota per kecamatan atau berdasarkan kampung-kampung raya secara proporsional. Kemudian akan dilakukan pengundian, proses pengundiannya dilakukan secara terbuka. Ini untuk menghindari adanya kesan sistem tebang pilih,” sambungnya.

Muhammad Yani berharap, dengan hadirnya asrama ini dapat meringankan beban orang tua dalam membiayai tempat tinggal atau kos mahasiswa selama kuliah di Kota Kendari.

Mudah-mudahan dengan mreka tinggal di asrama, proses perkuliahan mereka tidak mengalami hambatan, bahkan bisa ditargetkan selsai tepat waktu,” harapnya.

Laporan: Man

Potretsultra
Share

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *