PT OSS Diduga Menambang Ilegal, Polda Sultra Didesak Segera Tetapkan Tersangka

Keterangan Gambar : Suasana Aksi oleh FORMAT di Polda Sultra (Foto: Hendri)

Potretsultra

KENDARI – PT Obsidian Stainless Steel (OSS) diduga dengan sengaja telah melakukan perampokan Sumber Daya Alam (SDA) di Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Perusahaan tersebut melanggar aturan hukum dengan dugaa melakukan penambangan ilegal. Hal ini lah membuat Forum Pemerhati Pertambangan (FORMAT) Sultra Rabu (7/8/2019) menyambangi Kantor Polda Sultra dengan berunjuk rasa.

Menurut Koordinator Lapangan (Korlap) aksi, Siddiq Muharam, aksi yang digelarnya itu untuk meminta agar Polda Sultra segera menetapkan sebagai tersangka dari pihak PT Obsidian Stainless Steel (OSS) sebagai pihak yang paling bertanggung jawab adanya aktivitas penambangan ilegal di Desa Tanggobu Kecamatan Morosi Kabupaten Konawe.

“Banyak hal dan problem yang dilakukan oleh PT OSS di Desa Tanggobu Kecamatan Morosi dalam aktivitasnya perusahaan melakukan penambangan tanah uruk timbunan tanpa adanya IUP di dalam kawasan hutan serta tanpa memiliki Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan,” ujar Siddiq.

Potretsultra

Berdasarkan fakta di lapangan, lanjut Siddiq, Tim Penyidik Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Mabes Polri dan Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sulra) telah menyita 117 alat berat milik PT. OSS pada tanggal 28 Juni 2019 lalu.

Olehnya itu, kata Siddiq, Forum Pemerhati Pertambangan medesak secara tegas kepada pihak Polda Sultra agar mempercepat proses hukum pertambangan yang diduga ilegal yang dilakukan PT OSS tanpa pandang bulu.

Tak hanya itu, Siddiq juga meminta kepada Gubernur Sultra Ali Mazi untuk menjadikan perhatian khusus terhadap ilegal mining yang diduga dilakukan PT OSS dan memasukannya dalam daftar hitam sebagai oknum perusahaan yang tidak taat aturan agar tidak diberikan ruang untuk melakukan aktivitas pertambangan di Sultra.

Laporan: Hendri
Editor: Jubirman

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *