Mulai Besok, Pemprov Sultra Bebaskan Denda Pajak Kendaraan Bermotor

Keterangan Gambar : Pamflet dari Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sultra Terkait Bebas Denda Pajak dan Bebas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (Foto: IST)

Potretsultra

KOTA KENDARI – Mulai Besok, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) memberlakukan pembebasan denda pajak dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB).

Hal ini diungkapkan Sekretaris Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Sultra, Suharmin Arfad. Kata dia, program tersebut mengacu pada Peraturan Gubernur Sultra Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pemberian Keringanan atau Pembebasan Sanksi Administrasi Pajak Kendaraan Bermotor (BBNKB) atas Penyerahan Kepemilikan Kedua dan seterusnya.

Menurut Suharmin, salah satu dampak dari Pandemi Covid-19 adalah berkurangnya kapasitas ekonomi masyarakat, dimana hal ini dapat mengurangi kemampuan mereka dalam menjalankan kewajibannya membayar pajak, diantaranya adalah pajak kendaraan bermotor.

“Akibatnya, sepanjang tahun hingga tahun 2021, tentu pajak masyarakat akan mengalami penundaan pembayaran, berakibat pada timbulnya denda pajak kendaraan bermotor, roda dua maupun lebih,” ungkap Suharmin, Minggu (11/4/2021).

Menyikapi keadaan ini, lanjut Suharmin, Pemprov Sultra melalui Bapenda mengambil langkah konkret, dimana perlunya pembebasan denda pajak kendaraan bermotor dengan tujuan untuk meringankan beban ekonomi masyarakat.

“Upaya ini memiliki manfaat pada dua sisi yaitu pertama, menjadi stimulus untuk meningkatkan animo masyarakat membayar kewajiban kepada negara dalam hal pembayaran pajak, dan sisi kedua meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Sulawesi Tenggara,” jelasnya.

Suharmin menghimbau masyarakat untuk secara maksimal memanfaatkan fasilitas dan kemudahan ini yakni pembebasan denda pajak dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Dalam pelaksanaan program ini diharapkan tetap menjaga protokol kesehatan dengan tetap menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan secara berkala.

“Waktu Pelaksanaan yaitu pada tanggal 12 April sampai dengan 31 Juli 2021 sesuai jam operasional kantor atau jam kerja secara serentak di seluruh UPTB Samsat lingkup Bapenda Sultra,” katanya.

Laporan: Aden

Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *