Komplotan Spesialis Curanmor Lintas Provinsi Diringkus Polisi

Keterangan Gambar : Kapolda Sultra Irjen Merdisyam dalam konfrensi pers dengan awak media, terkait penangkapan Curanmor yang didampingi Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Sultra, Kombes Pol La Ode Aries El Fatar, dan Kabid Humas Polda Sultra AKBP Ferry Walintu, di Mapolda Sultra, Selasa,(30/06/2020) (Foto: Ismed)

Potretsultra

KENDARI- Komplotan pelaku spesialis curanmor berhasil diamankan berhasil diringkus anggota Buser (Buru Sergap) Satreskrim Polda Sultra. Diketahui tersangka curanmor 5 Pelaku. Empat orang pelaku pencurian berinisial IL dan AB, IH dan DD serta satu orang penadah berinisial SL berhasil diamankan oleh Polda Sultra dengan barang bukti berupa 20 unit motor dan 2 unit mobil.

Kapolda Sultra, Irjen Pol Merdisyam, mengatakan, rata-rata modus operandi dari pelaku yaitu dengan melakukan pemantauan target, mapping objek sasaran dan sebelum beraksi penghuni rumah dipastikan sedang tidur yakni sekitar pukul 2.00 hingga 4.00 WITA.

“Para pelaku masuk kerumah target dengan merusak jendela pintu, plafon atau membuka pintu, kemudian mengambil motor dan barang lainnya dan mencungkil motor dengan menggunakan kunci semacam leter T atau membobol soker motor,” Ujar Irjen Merdisyam dalam konfrensi pers dengan awak media, yang didampingi Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Sultra, Kombes Pol La Ode Aries El Fatar, dan Kabid Humas Polda Sultra AKBP Ferry Walintukan, S.I.K di Mapolda Sultra, Selasa,(30/06/2020).

Hasil pencurian tersebut Lanjut Merdisyam, dijual kebeberapa daerah seperti Kendari, Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Kolaka, Kolaka Utara, Muna dan Baubau dengan harga bervariasi.

“Masih ada tiga orang lagi yang masuk daftar pencarian orang (DPO), yakni Z, U dan A sedangkan yang sudah dilimpahkan ke kejaksaan ada dua. Masing-masing berinisial AS dan AL,” jelasnya.

Lebih lanjut Merdy, dari hasil curian barang dijual dengan harga berfariasi ada yang seharga Rp2 juta dan ada Rp3 juta per unit sepeda motor, hasilnya dipake foya foya.

“Kelima pelaku tersebut akan dikenakan pasal 363 ayat 61 dengan ancaman hukuman maksimal 9 tahun penjara,” Ucapnya.

“Untuk diketahui, selama Januari hingga Juni 2020, Polda Sultra melalui Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) telah berhasil mengungkap 119 kasus curanmor dari total 141 laporan dengan jumlah tersangka 45 orang dan barang bukti 75 unit kendaraan, serta hingga saat ini kasus yang telah dilimpahkan atau P21 yakni sebanyak 25 kasus, sementara yang masih dalam penyelidikan yakni sebanyak 16 kasus,” tambah Irjen Merdisyam.

Kapolda Mengimbau, bagi warga yang merasa kehilangan kendaraan harap melakukan pengecekan di Mapolda Sultra dengan membawa dan menunjukkan bukti berupa surat-surat Kendaraan tanpa di pungut biaya apapun.

Laporan: La Ismeid

Potretsultra Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *