Kiprah Operasi Militer Danlanal Kendari Mengemban Tugas Misi Perdamaian di Lebanon

Keterangan Gambar : Danlanal) Kendari Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia S.SOS

Potretsultra

KENDARI-Menjadi Komandan Pangkalan TNI AL (Danlanal) Kendari Kolonel Laut (P) Andike Sry Mutia,kali pertamanya dia menginjakkan kaki di Bumi Anoa Sulawesi Tenggara setelah resmi menggantikan Kolonel Laut (P) Baharudin Anwar ,yang kini menjabat sebagai sebagai ahli Pang A Wilnas Koarmada ll.

Menarik inilah ulasan singkat perjalanan karier Danlanal Kendari saat di Konfirmasi dengan Jurnalis di Kendari Rabu 22 April 2020 di Mako Lanal Kendari.

Andike Sry Mutia mengaku operasi yang sangat dikenang sekali kala itu mengemban tugas misi perdamaian dunia saat menjadi Wakil Komandan (Wadan) Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF)(United Nation Interim Force in Lebanon) Tahun 2015-2016.

Ia selama satu tahun bertugas melakukan pengamanan di perairan Lebanon di Bawah bendera Perserikatan Bangsa.bangsa (PBB).

“Jadi kita bisa mengabdikan diri kita sebagai fungsinya angkatan laut yang sudah tercantun dalam Undang-undang Dasar 1945 ikut serta dalam perdamaian dunia.

Satu tahun menjalankan misi perdamaian,pada tahun 2016 mereka kembali ketanah air.Itu pengalaman yang luar biasa dan sangat berharga saat menjalankan misi perdamaian dunia amat membanggakan,dan sudah pasti menjadikan pengalaman baru yang aka terkenang sepanjang masa.

Maupun dalam menghadapi tugas-tugas TNI dimasa yang akan datang.Disamping menambah pengalaman bagi prajurit itu sendiri juga sangat mambantu bagi negara-negara yang menerima bantuan kemanusiaan dari tim TNI.

Kemudian perna operasi pengamanan perbatasan seluruh wilayah indonesia dan melakaksankan latihan angkatan laut dengan negara tetangga seperti australia,singapur, brunei dan india.Serta perna latihan bersama dengan angkat laut Amerika.

“Ini akan menjadi kenangan dan pengalaman yang berharga bisa bertugas.Saya juga merasa bangga pernah ambil bagian ikut melakukan operasi-operasi meskipun tantangan yang dihadapi sangat berat namun seluruh tugas ditntaskan dengan baik,”jelasnya.

Keikutsertaan TNI dalam menjalankan misi perdamaian merupakan implementasi terhadap amanat konstitusi.

Lalu Ditahun 2018-2020 mengemban tugas sebagai Komandan Detasemen Markas Koarmada 2 di Surabaya dan sekarang mendapatkan amanah jabatan baru Danlanal Kendari.

Laporan: La Ismeid

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *