Kalpin, Jurnalis yang Terjun ke Parlemen

Caleg DPRD Konkep, Kalpin (Foto: IST)
Keterangan Gambar : Caleg DPRD Konkep, Kalpin (Foto: IST)

Potretsultra

LANGARA – Panggung pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) di tahun 2019 mendatang berhasil menjadi magnet bagi para pemuda untuk terjun ke politik.

Meski di usia yang masih terbilang muda, Kalpin berani bertarung merebut hati rakyat untuk maju ke DPRD Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) di Dapil Wawonii Barat dan Wawonii Tengah dengan mengusung tagline ‘Muda, Merakyat, dan Amanah’ (MMA).

Pemuda yang terbilang senior di profesi jurnalis ini menginginkan DPRD Konkep yang kuat di bidang pengawasan, dan sehat di bidang penganggaran.

“Karena itu, pemuda harus turun ke gelanggang politik untuk menguatkan pengawasan dan menyehatkan anggaran,” ungkap Kalpin saat ditemui di salah satu Warkop di Kendari, Minggu (28/10/2018).

Selain itu, lanjut Kalpin, pada fungsi legislasi dalam menghasilkan Peraturan Daerah (Perda) sebagai payung hukum harus menjadi penunjuk jalan untuk arah Konkep kedepan.

“Perda yang dihasilkan pun harus jelas, harus bisa menjadi petunjuk untuk arah Konkep kedepan mau dibawa kemana,” katanya.

BACA JUGA: Rela Dipenjara Demi Rakyat, Pejuang Tambang ini Maju Pileg

Politisi milenial yang bertarung melalui pintu Partai Gerindra itu juga menjelaskan, potensi pertanian, perikanan, dan pariwisata Konkep harus dikembangkan dan dimajukan untuk menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kita sadari minimnya anggaran, makanya kita harus fokus membangun hal-hal yang urgen dan jelas untuk meningkatkan PAD kita,” jelasnya.

Potretsultra

Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Konkep itu juga menambahkan, jika dirinya diberi amanah untuk duduk ber DPR maka sebagai orang yang dari latar belakang kesehatan dirinya siap mewujudkan klinik kesehatan gratis di Konkep

“Klinik kesehatan ini secara khusus tersedia untuk masyarakat kurang mampu, kami siapkan secara cuma-cuma, jadi mereka tidak perlu nemikirkan berapa uang yang harus dikeluarkan untuk berobat ke klinik kami,” tambahnya.

“Jangan khawatir, petugas kami juga akan memberikan pelayanan terbaik tanpa harus memikirkan berapa tarif yang disediakan,” sambungnya.

BACA JUGA: Maju di Pileg Busel, Alumni UMY ini Siap Menang dengan PKS

Selain klinik kesehatan gratis, Direktur PT Suara Sultra Ners Sejahtera itu juga akan menghadirkan perpustakaan cerdas di Konkep jika terpilih menjadi anggota DPRD di Bumi Kelapa itu.

“Kita ingin meningkatkan minat baca generasi Konkep, kita juga ingin melahirkan para pegiat literasi demi masa depan Konkep yang lebih baik,” harapnya.

Dinamakan perpustakaan cerdas, tambah Kalpin, karena aktivitasnya di gedung itu bukan hanya untuk sekedar membaca buku, namun ada juga aktivitas belajar bahasa Inggris, matematika, dan belajar mengaji untuk menghidupkan perpustakaan.

“Dengan begini, kita dapat menata SDM Konkep yang cerdas dan berkepribadian,” terangnya.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *