Kades Mosolo Kembangkan Sungai Lakaranda Jadi Objek Wisata Konkep

Kepala Desa Mosolo, Zabarudin (Foto: IST)
Keterangan Gambar : Kepala Desa Mosolo, Zabarudin (Foto: IST)

KONKEP – Pulau Wawonii memang menyimpan banyak keindahan alam yang dapat dijadikan sebagai objek wisata.

Selain Pantai Kampa di Wawonii Barat dan Air Terjun Tumburano di Wawonii Utara, Konawe Kepualauan (Konkep) juga memiliki Kali Mosolo di Wawonii Tenggara.

Sungai Lakaranda yang merupakan aliran dari Kali Mosolo benar-benar memikat para pengunjung. Selain lingkungan alamnya yang masih asri, Sungai Lakaranda juga memiliki air jernih yang tampak kebiruan karena menandakan kedalamannya.

Kepala Desa Mosolo Kecamatan Wawonii Tenggara, Zabarudin saat ini sedang mengembangkan Sungai Lakaranda menjadi objek wisata Konkep. Dia memulai dengan membuka jalan menuju objek wisata Lakaranda.

“Saat ini kami baru buka kan jalan menuju wisata Lakaranda, tahun depan akan dianggarkan lagi untuk pengembangannya,” ujar Zabarudin saat ditemui di salah satu hotel di Kendari, Sabtu (3/8/2019).

Suasana Pengerjaan Jalan Menuju Wisata Lakaranda (Foto: IST)

Suasana Pengerjaan Jalan Menuju Wisata Lakaranda (Foto: IST)

Zabaruddin membuka jalan menuju wisata Lakaranda itu menggunakan Dana Desa  tahap II tahun 2019 sebesar Rp 166.582.000. Pada tahun 2020 mendatang, direncanakan akan berfokus pada pengembangan wisata Lakaranda seperti pembangunan Gazebo, kamar ganti, WC, dan lain-lainnya.

Potensi wisata Lakaranda di Mosolo ini, kata Zabarudin, telah ditinjau langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Konkep, Armin. Kades Mosolo ini berharap, Kadis Pariwisata Konkep dapat berkontribusi dalam pengembangan wisata Lakaranda di Kali Mosolo tersebut.

“Tolong dilirik dan diperhatikan juga wisata Lakaranda, karena Mosolo juga punya wisata alam potensial untuk dikembangkan. Bukan saja di Pantai Kampa dan Ait Terjun Tumburano yang diperhatikan,” katanya.

Kondisi Jalan Menuju Wisata Lakaranda Kali Mosolo (Foto: IST)

Kondisi Jalan Menuju Wisata Lakaranda Kali Mosolo (Foto: IST)

Menurut Zabarudin, sebagai langkah uji coba wisata Lakaranda tersebut telah bisa dinikmati oleh para pengunjung pada pekan depan di liburan Hari Raya Idul Adha. Karena dalam dekat ini, Zabarudin berencana mengundang Kadis Pariwisata Konkep untuk meresmikan langsung Wisata Lakaranda itu.

“Para pengujung sudah bisa menikmati Wisata Lakaranda pada liburan Idul Adha pekan depan, karena jalanan menuju kesana telah kami siapkan dan sudah bisa dilewati,” jelasnya.

Zabarudin menambahkan, rencana pengembangan wisata Lakaranda inijuga merupakan bagian dari inovasi desa yang disampaikan pada rapat inovasi desa di Bobolio Kecamatan Wawonii Selatan pada 27 Juli 2019 lalu.

Laporan: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *