Jokowi Tiba di Baubau, KNPI Tagih Masa Lalu Pemekaran Kepton

Keterangan Gambar : Presiden Jokowi Saat Tiba di Kota Baubau (Sumber: Akun Instagram Resmi Milik @jokowi)

Potretsultra

BAUBAU – Pasca mengenakan baju Dolomani yang merupakan baju adat khas masyarakat di Kesultanan Buton pada peringatan HUT RI, kini Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk hadir serta bertemu langsung dengan masyarakat di jazirah Kepulauan Buton.

Meskipun kehadiran beliau hanya dalam agenda kunjungan kerja dan pembagian BLT, tetapi disamping itu juga terselip beberapa harapan pemuda kota Baubau dibalik kunjungan tersebut. Hal ini diungkapkan Ketua DPD KNPI Kota Baubau, La Ode Riski Satria.

“Kami mendapat kabar bahwa sebentar Presiden akan dianugerahkan gelar kehormatan adat dari lembaga kesultanan Buton,” ujarnya kepada Potretsultra.com, Selasa (27/9/2022).

Dibalik penganugerahan itu, lanjut Riski, KNPI Baubau berharap agar hubungan emosional orang Buton dan Presiden dapat terjalin secara kebatinan sehingga apa yang menjadi harapan semua juga menjadi harapan Presiden Republik Indonesia.

Potretsultra

“Pemuda hanya berharap bahwa kedepan Presiden Indonesia dapat menunaikan janji masa lalu Republik ini terhadap kesultanan Buton agar Eks Kesultanan Buton dapat dijadikan sebagai salah satu Provinsi yang ada di Indonesia,” ucapnya.

Sebab menurut Riski, salah satu eks kesultanan nusantara yang sampai saat ini belum mendapatkan haknya untuk berdiri menjadi Provinsi adalah eks Kesultanan Buton.

“Kami berharap bahwa gelar tersebut bukan hanya sebuat prosesi seremonial kunjungan pejabat negara di tanah Wolio tetapi juga menjadi berkah agar kedepan kita dapat dijadikan sebuah daerah otonomi baru untuk lebih memperpendek rentang kendali antar daerah di cakupan wilayah Provinsi Kepulauan Buton,” pungkas mantan Ketua HMI Cabang Baubau itu.

Laporan: Redaksi

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *