Ditutup Besok, Buruan Daftar Jadi Panwascam di Kendari

Keterangan Gambar : Suasana Pendaftaran Panwascam di Kantor Bawaslu Kota Kendari

Potretsultra

KENDARI – Bagi warga Kota Kendari yang tertarik menjadi Pengawas Pemilu tahun 2024 nanti, segera daftarkan diri anda.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kendari membuka pendaftaran untuk menjadi Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) yang dimulai sejak 21 September lalu. Seperti dijadwalkan, pendaftaran akan ditutup pada Selasa Besok, (27/9/2022).

Hal ini diungkapkan Ketua Bawaslu Kota Kendari, Sahinudin, SH, MH. Kata dia, sejak dibukanya pendaftaran hingga H-2 penutupan kemarin terbilang masih minim pendaftar. Namun per hari ini, Senin (26/9/2022) dalam pantauan cukup banyak antrian yang mendaftarkan diri untuk menjadi Panwascam.

“Memang kemarin masih minim pendaftar, tetapi dari tadi pagi sampai sekarang kita pantau banyak antrian, karena biasanya kita sudah antisipasi di hari-hari terakhir pendaftaran pasti panjang antrian pelamar,” ujar Sahinudin saat ditemui di ruang kerjanya.

Jumlah pendaftar Panwascam per hari ini sampai Pukul 17.00 Wita, sambung Sahinudin, yakni sebanyak 88 pendaftar terdiri atas 65 pendaftar laki-laki dan 23 pendaftar perempuan.

Sahinudin mengingatkan bahwa besok pendaftaran Panwascam ditutup, tepatnya pada Pukul 17.00 Wita. Sehingga ia menghimbau agar para pelamar memastikan diri untuk datang di waktu sebelum jam pendaftaran ditutup.

“Jadi besok itu tetap kita tutup jam 5 sore, tidak ada penambahan waktu sampai jam 12 malam. Maka sebaiknya para pendaftar segera melengkapi berkasnya dan mendaftarkan diri,” jelasnya.

Potretsultra

Sahinudin juga menambahkan, pendaftaran Panwascam bisa diperpanjang karena beberapa kemungkinan yang terjadi. Pertama, masih ada kecamatan yang pendaftarnya itu belum mencukupi dua kali kebutuhan, dalam hal ini 6 orang karena anggota Panwascam tiap kecamatan tiga orang.

Kalaupun yang 6 orang ini sudah cukup atau sudah lebih, lanjut Sahinudin, namun belum ada pendaftar perempuan maka pasti tetap dibuka
juga perpanjangan pendaftaran di kecamatan tersebut.

Selain itu, Sahinudin juga mengatakan, para pelamar Panwascam harus mempersiapkan diri untuk mengikuti tes. Karena seleksi Panwascam kali ini menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

“Dari tes CAT ini ada fase gugur dan hanya akan menghasilkan 6 orang berdasarkan perengkingan nilai tertinggi, untuk selanjutnya masuk ke tahap wawancara,” terangnya.

Untuk diketahui, berikut jumlah pendaftar sementara H-1 penutupan berdasarkan masing-masing kecamatan.
1. Kendari: 6 laki-laki, 0 perempuan
2. Kendari Barat: 5 laki-laki, 3 perempuan
3. Mandonga : 7 laki-laki, 1 perempuan
4. Puuwatu: 3 laki-laki, 3 perempuan
5. Kadia: 6 laki-laki, 3 perempuan
6. Wua-wua: 6 laki-laki, 5 perempuan
7. Baruga: 5 laki-laki, 1 perempuan
8. Kambu: 8 laki-laki, 0 perempuan
9. Poasia: 11 laki-laki, 3 perempuan
10. Abeli: 1 laki-laki, 3 perempuan
11. Nambo: 7 laki-laki, 1 perempuan

Laporan: Man

 

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *