Jelang Pilkada, KPU Konkep Gelar Rakor Terkait Paslon Jalur Independen

Keterangan Gambar : Suasana Rakor KPU Konkep

KONKEP – Dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tahun 2020 mendatang, KPU Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) makin menunjukkan progres kerjanya.

Pada Kamis (24/12/2019), KPU Konkep menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) penetapan syarat minimal jumlah dukungan dan sebaran calon perseorangan atau jalur independen untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Konkep tahun 2020.

Rapat Koordinasi KPU ini juga ikut dihadiri oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Konkep. Kehadirannya sebagai perwakilan Pemerintah Daerah (Pemda) Konkep yang mengurus administrasi kependudukan.

“Maksud diadakan Rakor tersebut adalah menyamakan data dan persepsi antara KPU dan Bawaslu terkait jumlah besaran dukungan untuk calon perseorangan, berdasarkan DPT Pemilu terakhir,” ujar Ketua KPU Konkep, Iskandar saat diwawancarai media Potretsultra.com.

Berdasarkan DPT Pemilu terakhir tahun 2019, lanjut Iskandar, berjumlah 25.268. Besaran DPT tersebut terdiri atas 12.736 pemilih laki-laki  dan 12.532 pemilih perempuan. Sedangkan menurut PKPU 3/2017  pasal 10 menyatakan bahwa kabupaten yang memiliki jumlah DPT kurang dari 250.000, maka minimal harus didukung 10% dari DPT.

“Terkait Pilkada Konkep 2020, KPU membuka helpdesk yang melayani konsultasi masyarakat dan Parpol yang punya niatan maju atau mencalonkan figur dalam Pilkada 2020, baik perseorangan maupun dari Parpol,” pungkasnya.

Laporan: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *