Gelar Olimpiade Tingkat Kecamatan, Begini Harapan Kadis Pendidikan Kolut

Tim Penyusun Soal OSN Tingkat Kecamatan di Kolut (Foto: Ahmad)
Keterangan Gambar : Tim Penyusun Soal OSN Tingkat Kecamatan di Kolut (Foto: Ahmad)

Potretsultra

Kolaka Utara – Olimpiade Sains Nasiaonal (OSN) merupakan ajang bergengsi yang dilaksanakan setahun sekali sejak tahun 2002 yang didasarkan pada kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade Fisika Internasional (IPHO-Internasional Physics Olympiad) di Bali.

Beranjak dari keberhasilan tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) telah membuka Olimpiade Sains Nasional(OSN) jenjang SD/MI dan SMP/MTs tingkat kecamatan sejak hari senin kemarin(18/02)dengan tema ‘membangun insan yang cerdas, berprestasi, tangguh, mandiri dan berdedikasi menuju masyarakat madani’ yang dibagi menjadi 4 wilayah se-kabupaten Kolut.

Dari informasi yang dihimpun oleh Potretsultra.com, wilayah 1, Kecamatan Wawo, Ranteangin dan Lambai dipusatkan di SMPN 3 Ranteangin (dibuka oleh Alamsyah,), Wilayah 2, Kecamatan Lasusua, Katoi, Kodeoha dan Tiwu dipusatkan di SMPNB1 Lasusua (dibuka oleh Kasi Kurikulum dan peserta didik, Surahman), Wilayah 3, Kecamatan Ngapa, Watunoho, Pakue dan Pakue Tengah dipusatkan di SMPN 1 Pakue (dibuka oleh Hasbi Latif, Kabid Kebudayaan dan Dikmas) dan Wilayah 4, Kecamatan Pakue Utara, Batuputih, Tolala dan Purehu dipusatkan di SMPN 1 Batuputih (dibuka oleh Hasanuddin, Sekdis Dinas Dikbud Kolut).

Adapun Mata pelajaran yang dilombakan untuk jenjang SD/MI yaitu IPA dan Matematika. Sementara untuk jenjang SMP/MTs yakni IPA, Matematika dan IPS.

Untuk tiap-tiap juara di tingkat kecamatan akan dilatih secara khusus (dikarantina) untuk mengikuti seleksi OSN tingkat kabupaten. Sedangkan para juara di tingkat kabupaten akan dilatih khusus atau dibimbing secara intensif untuk mengikuti lomba tingkat provinsi.

Olehnya itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab Kolaka Utara Muh Idrus menjelaskan, output kegiatan yang telah diselenggarakan ini diharapkan dapat mencapai target dalam hal ini penyaringan siswa-siswi berprestasi mampu menembus ajang OSN di tingkat nasional.

“Bahwa ada target agar anak-anak kita bisa berprestasi, dan mudah-mudahan  ada anak kita yang bisa mengikuti lomba OSN tingkat Nasional,” jelasnya.

Laporan: Ahmad
Editor: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *