Gelar Bimtek, Pemda Konkep Bina Khusus Perpustakaan di Sekolah dan Sejumlah Desa

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Konawe Kepulauan, Drs. Danyal, M.Pd Saat Menyampaikan Sambutan

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah makin serius berupaya meningkatkan minat baca.

Hal ini dilakukan melalui Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait peningkatan kapasitas tenaga perpustakaan dan pustakawan tingkat kabupaten lingkup Kabupaten Konawe Kepulauan. Kegiatan ini digelar di salah satu hotel di Kendari, Rabu (23/11/2022).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Konkep, Drs. Danyal, M.Pd dalam sambutannya menjelaskan, saat ini Pemda Konkep makin konsen dalam membina perpustakaan, baik perpustakaan sekolah maupun perpustakaan desa.

“Karena perpustakaan ini hal yang sangat penting, pijakannya mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujar Danyal.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Konkep itu juga mengatakan bahwa sebagai bentuk keseriusan dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat menuju Wawonii Bangkit sebagaimana yang digaungkan Bupati Konkep, Ir. H. Amrullah, MT, saat ini Pemda membangun 10 perpustakaan di sejumlah desa di Konkep.

Potretsultra

“Kita juga konsen dalam membina perpustakaan desa, saat ini kita membangun 10 Perpus di desa-desa,” katanya.

Olehnya itu, lanjut Danyal, Bimtek ini digelar untuk membimbing atau melatih secara khusus agar kapasitasnya sebagai pustakawan atau tenaga perpustakaan dapat ditingkatkan. Karena menurutnya, perpustakaan itu merupakan jantungnya pendidikan.

“Kita melatih agar bagaimana meningkatkan kapasitasnya sebagai pustkawan atau tenaga perpustakaan, juga untuk memakasimalkan fungsi-fungsi yang ada,” terangnya.

Danyal berharap agar kehadiran perpustakaan baik di sekolah-sekolah maupun di sejumlah desa tidak hanya untuk meningkatkan minat baca, tetapi juga ada tradisi literasi di tengah-tengah masyarakat.

“Diharapkan kita tidak hanya sekedar bisa membaca, tetapi jauh lebih dari itu, bahwa apa yang bisa dibaca dapat kita aplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Untuk diketahui, Bimtek ini dihadiri para tenaga perpustakaan dan pustakawan dari sejumlah sekolah baik SD, SMP, maupun SMA, serta tenaga perpustakaan desa

Laporan: Man

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *