Entaskan Kemiskinan, Wali Kota Baubau: Perlu Pahami Karakter Warga

Keterangan Gambar : Wakil Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse (Sumber: Akun FB Pemkot Baubau)

Potretsultra

BAUBAU – Agar dapat memberikan intervensi yang tepat dalam upaya mengentaskan kemiskinan, maka sangat penting bagi pemangku kepentingan untuk memahami karakter masyarakat Perkotaan dan Perdesaan.

Hal ini dimaksudkan, agar intervensi yang diberikan tersebut langsung mengenai sasaran, dan tidak dimanfaatkan oleh orang-orang yang bukan kategori miskin.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse melalui sambutannya, saat menghadiri dan membuka dengan resmi Seminar Akhir terkait kajian perbandingan keberhasilan penyaluran bantuan masyarakat miskin di pesisir perkotaan dan pesisir perdesaan di wilayah Provinsi Sultra yang dilaksanakan di aula Kantor Balitbangda Kota Baubau, Kamis (29/9/2022).

“Beberapa intervensi yang kita lakukan masih salah, karena terkadang hanya menghambur-hambur, bahkan lebih banyak dimanfaatkan oleh orang yang tidak masuk kategori miskin,” ungkap La Ode Ahmad Monianse.

Untuk itu, lanjut Monianse, maka karakter masyarakat perkotaan dan karakter masyarakat Perdesaan ini harus ditemukan. Sehingga bantuan untuk masyarakat miskin itu bisa tepat sasaran. “Karena kita sudah memiliki data ketika kita mengintervensi kegiatan,” ujarnya.

Potretsultra

Orang nomor satu di Kota Baubau ini tidak menampik, meski pemerintah telah melakukan berbagai upaya dan mengeluarkan anggaran yang bayak, namun perubahan angka kemiskinan belum memperlihatkan hasil yang signifikan. Di mana, hal ini bukanlah semata-mata kesalahan dari perencanaan, namun karena adanya beberapa persoalan yang menghambat akhir-akhir ini, seperti Pandemi Covid-19.

“Sebagai Kepala Daerah kami sangat menyambut baik seminar yang diselenggarakan ini, apalagi ini berkaitan langsung dengan kajian perbandingan keberhasilan,” katanya.

“Mudah-mudahan dengan seminar ini kita dapat melihat, karakter masyarakat perkotaan kita seperti apa dan karakter masyarakat perdesaan kita seperti apa, agar energi yang disiapkan oleh pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan di kota ini benar-benar bisa tepat sasaran,” tutupnya.

Sumber: portal.baubaukota.go.id

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *