Endang: Omnibus Law, Jangan Sekedar Layani Kepentingan Investor

Keterangan Gambar : Ketua DPD Partai Demokrat Sultra, Muhammad Endang SA (IST)

KENDARI – Rancangan Undang – Undang (RUU) Omnibus Law yang digaungkan Presiden RI Joko Widodo terus menuai komentar.

Kali ini komentar datang dari Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Muhammad Endang SA. Ia meminta kepada Pemerintah Pusat agar RUU Omnibus Law ini tidak hanya sekedar melayani kepentingan para investor.

“Omnibus Law harus dipastikan tidak hanya melayani kepentingan pengusaha,” ujar Endang, Senin (23/12/2019).

Menurut Endang, usulan regulasi Omnibus Law seharusnya hanya dipastikan untuk menerobos sumbatan dan korupsi yang menghambat investasi. Bukan malah memudahkan pencaplokan hak-hak rakyat dan memposisikan rakyat pada posisi tidak berdaya.

Ketua Partai Demokrat Sultra ini juga mengatakan, bisa saja Omnibus Law ini dijadikan senjata oleh para penambang ‘nakal’. “Ini sebelum ada Omnibus Law saja mereka sudah memanfaatkan segala celah dan sumberdaya yang ada,” katanya.

Endang berharap, Omnibus Law tidak untuk menjual tanah, air milik rakyat Indonesia. Karena kata dia, hak-hak rakyat dan Otonomi Daerah harus pula diperhatikan.

“Hak-hak rakyat, masyarakat adat, dan juga otonomi daerah (kekhususan, red) harus diperhatikan dan dipastikan,” pungkasnya.

Seperti dikutip dari Republika.co.id, Presiden Joko Widodo (Jokowi), sebelumnya menyampaikan, bahwa pemerintah pusat akan mengajukan revisi atas 83 Undang-Undang (UU) melalui skema Omnibus Law kepada DPR. Ada tiga sektor omnibus law yang akan diajukan pemerintah ke parlemen, yakni perpajakan, cipta lapangan kerja (investasi), dan UMKM.

Presiden pun meminta kepada parlemen untuk bisa diajak bekerja sama dalam menerbitkan Omnibus Law ini. Bahkan, Jokowi mengaku sudah meminta Ketua DPR Puan Maharani agar bisa segera merampungkan pembahasan terkait omnibus law ini.

“Bu puan, ini 82 UU, mohon segera diselesaikan. Saya bisik-bisik, kalau bisa Bu, jangan lebih dari tiga bulan,” ujar Jokowi.

Laporan: Jubirman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *