Dinsos Mubar Gelar Pelatihan Khusus Kaum Disabilitas dan Tuna Sosial

Keterangan Gambar : Sekretaris Dinsos Mubar, Safarudin Saat Memberikan Pengarahan pada Peserta Pelatihan (Foto: Sachriel)

Potretsultra

MUBAR – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Muna Barat (Mubar) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengelar pelatihan bagi warga masyarakat Mubar terkhusus bagi kaum disabiltas dan para tuna sosial di Kelurahan Tiworo Kecamatan Tiworo Kepulauan (Tikep), Senin (24/05/2019).

Sekertaris Dinsos Mubar, Safarudin mengatakan, kegiatan pelatihan ini merupakan program rehabilitasi sosial yang rutin dilaksanakan tiap tahun oleh Dinsos Mubar dalam membantu dan mensejahterakan masyarakat Mubar baik kaum lanjut usia, penyandang disabilitas, tuna sosial serta anak terlantar.

Dikatakannya, pelatihan ini bertujuan untuk membantu dan mendidik para disabilitas, tuna sosial serta anak terlantar di Mubar. “Agar mereka mendapatkan keterampilan sehingga menjadi mandiri,” ungkap Safarudin, Selasa (25/06/2019).

Lanjut kata Safarudin, anggaran program rehabilitasi sosial ini bersumber dari APBD, yang dianggarakan setiap tahun oleh Dinsos Mubar. Ini semua dalam upaya untuk memberikan ruang bagi para disabiltas, tuna sosial serta anak terlantar agar mendapatkan bimbingan dan pelatihan keterampilan baik di bidang pertukangan, perbengkelan, menjahit, salon dan lain-lain.

“Program kegiatan ini telah kami usulkan dan digelar setiap tahun yang anggarannya bersumber dari anggaran APBD,” ujarnya.

Safarudin menyebut, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari, mulai hari Senin sampai Selasa. Setelah itu pihaknya akan memberikan bantuan alat ataupun perlengkapan usaha yang mereka tekuni dan jalani.

“Kami akan memberikan semua alat dan perlengkapan usaha mereka nantinya,” tuturnya.

“Semoga pelatihan rehabilitasi sosial bagi disabilitas, tuna sosial dan anak terlantar atau pun pengangguran ini berjalan sukses serta dapat membantu dan memberikan manfaat,” tutupnya.

Laporan: Sacriel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *