KPU Konkep Ajukan 30 Miliar di Pilkada 2020

Keterangan Gambar : Ketua KPU Konkep, Iskandar (Foto: IST)

KONKEP – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) akan mengajukan dana kisaran Rp 30 Miliar untuk biaya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Konkep tahun 2020 mendatang.

Hal ini dikatakan langsung Ketua KPU Konkep, Iskandar. Menurutnya, anggaran kisaran Rp 30 Miliar tersebut telah dimasukan dalam Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) KPU Konkep.

“Berdasarkan RKA yang disusun oleh sekretariat kisaran anggaran untuk Pilkada 2020 sekitar 30 Miliar,”
ujar Iskandar, Selasa (26/6/2019).

Lanjut Iskandar, namun usulan tersebut masih belum final. Karena katanya, KPU Konkep masih akan menunggu hasil asistensi dari KPU Provinsi Sultra. Pasca dari asistensi tersebut, kemudian akan diajukan ke Pemerintah Daerah (Pemda) Konkep.

“Tapi itu belum fiks, karena kami masih menunggu hasil asistensi dari KPU Provinsi. Setelah itu akan kami sampaikan ke Pemda,” jelasnya.

Tambah Iskandar, pihaknya saat ini sudah melakukan komunikasi dengan Pemda Konkep terkait usulan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk Pilkada Konkep 2020 mendatang.

Sedangkan soal personil penyelenggara Pilkada 2020 nanti baik tingkatan PPK maupun PPS, Iskandar mengaku masih menunggu dari Draft PKPU tahapan Pilkada 2020 untuk diundangkan.

“Masih menunggu Draft PKPU tahapan Pilkada 2020 diundangkan,” terangnya.

Kata Iskandar, untuk mengukur bahwa Pilkada sudah siap dilaksanakan dapat dilihat pada tiga indikator yakni kesiapan anggaran Pilkada, kesiapan personil yang jadi penyelenggara, dan kesiapan logistik. Dari tiga indikator itu, Iskandar mengatakan, KPU Konkep telah siap menyelenggarakan Pilkada di Bumi Kelapa tersebut pada depan nanti.

“Tapi untuk logistik, itu belum terlalu mendesak, namun secara kelembagaan KPU Konkep sangat siap dalam menyelenggarakan Pilkada serentak 2020,” pungkasnya.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *