Dewan Pers:Insan Pers Perlu Kawal Hasil Pemilu Hingga Tuntas

Keterangan Gambar : Suasana workshop sehari yang dilaksanakan oleh Dewan Pers RI, disalah satu hotel kendari,(Kamis,25 Juli 2109),dengan mengangkat tema" Peliputan Pasca Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019"(Foto:Ismed)

Potretsultra

KENDARI-Ketua Komisi Pendidikan Pelatihan dan Pengembangan Profresi Dewan Pers RI,Jamalul Insan menegaskan Pers /Wartawan perlu mengawal dan mengamankan hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) hingga tuntas demi kesejateraan rakyat.

“Dewan Pers sendiri menggangap bahwa kontestasi Pileg maupun Pilpres harus disukseskan karena merupakan hajat seluruh rakyat Indonesia.Oleh sebab itu perlu dikawal oleh insan Pers sejak proses pra Pemilu,Pasca Pemilu sampai dengan Pasca selesainya Pemilu demi kesejateraan seluruh masyarakat,”ungkap Jamalul dalam acara Workshop sehari yang dilaksanakan oleh Dewan Pers RI, disalah satu hotel kendari,(Kamis,25 Juli 2109),dengan mengangkat tema” Peliputan Pasca Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden tahun 2019,”.

Pada hari ini,kata Jamalul, pihaknya menggelar Workshop Peliputan Pasca Pemilu,karena suksesnya pelaksanaan Pemilu tidak hanya pada selesainya pelaksanaan Pemilu saja.

Potretsultra

“Tetapi hasilnya harus di amankan dan dikawal oleh Pers,sehingga kami mengajak Wartawan untuk mengikuti Workshop, dimana kedepannya apa yang telah dipilih oleh rakyat baik di Pileg ditingkat DPRD, DPD maupun DPR RI termaksud pemilihan Presiden bisa dikawal baik itu janji mereka semasa kampanye dan setelah terpilihnya kandidat.

“Sehingga hasil pemilu bukan hanya sukses dalam pelaksanaan,tetapi membawa hasil yang dapat dirasakan oleh semua lapisan masyarakat,”ungkapnya.

Kenapa ini penting, sambung Jamalul, bahwa sukses pelaksanaan pemilu ini tidak berdasarkan selesainya Pemilu, akan tetapi hasilnya itu yang akan diamankan.

“Sehingga apa yang telah dipilih oleh rakyat baik di Pileg yakni DPRD, DPD, DPR RI maupun Presiden itu dikawal bagaimana janji-janji mereka untuk rakyat dan kita awasi sehingga hasil Pemilu tersebut sukses dalam pelaksanaan,”katanya.

“Kita sering melihat orang-orang media itu setelah meliput sudah selesai,akan tetapi kita harus mengikutinya sampai dengan selesai selain hak pilih apa yang mereka lakukan,dan apa realisasi yang telah dipilih dalam hasil pemilu,”jelasnya.

Laporan:La Ismeid

Potretsultra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *