Desa Sinaulu Jaya di Konkep Dapat Bantuan Kapal dari Kemenhub

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Perhubungan Konkep, Harsin Abdul Rahim

Potretsultra

KONAWE KEPULAUAN – Lagi, di tahun 2020 ini Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Kepulauan (Konkep) mendapat jatah bantuan kapal pengangkut barang berkapasitas 35 Gross Ton (GT) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Bantuan kapal dari Dirjen Perhubungan Laut ini bakal diserahkan ke Desa Sinaulu Jaya Kecamatan Wawonii Tenggara. Rencananya, kapal berfasilitas lengkap ini akan didatangkan pada Desember tahun 2020 nanti.

“Alhamdulillah kita dapat bantuan kapal dari Kemenhub untuk Desa Sinaulu Jaya, Insya Allah diserahkan nanti Bulan Desember tahun ini,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Konkep, Harsin Abdul Rahim saat ditemui awak media, Senin (27/1/2020).

Potretsultra

Kapal ini, kata Harsin, bisa dimanfaatkan oleh Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sinaulu Jaya untuk pengangkut atau distribusi barang, dijadikan kapal penumpang, atau kapal wisata, dan sebagainya. Asalkan bergerak di bidang usaha sehingga dapat memunculkan Pendapat Asli Daerah (PAD).

“Rencananya ini dalam perjanjian yang disiapkan itu konsep bagi hasilnya, 80 persen itu untuk Bumdes dan 20 persen untuk Pemda,” jelasnya.

Harsin berharap, kapal dari bantuan Kemenhub ini dapat dimaksimalkan dan difungsikan dengan baik oleh Bumdes Sinaulu Jaya Kecamatan Wawonii Tenggara.

“Harapannya nanti kalau sudah dikerjasamakan ke desa maka Bumdes harus memaksimalkan dan memungsikan dengan baik kapal ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kapal berkapasitas 35 GT untuk Desa Sinaulu Jaya tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas 24 buah kursi dan satu unit TV

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *