Bergerak Cepat, BLT Dana Desa di Konkep Mulai Disalurkan

Keterangan Gambar : Tampak Sejumlah Warga Sedang Antrian Menerima BLT Dana Desa di Desa Wawoone Kecamatan Wawonii Selatan

KONAWE KEPULAUAN – Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa(DD) untuk warga terdampak Virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) mulai disalurkan.

Pemerintah Daerah (Pemda) Konkep langsung bergerak cepat menyalurkan bantuan ke warga melalui BLT Dana Desa. Satu per satu desa di Konkep mulai menyalurkan bantuan sosialnya ke warga terdampak Covid-19 tersebut.

Hari ini, Kamis (30/4/2020) Desa Wawoone Kecamatan Wawonii Selatan di Konkep resmi menyalurkan Bantuan Langsung Tunai ke 62 warga sebesar Rp 600.000 per April 2020. Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Konkep, Mihdar saat dikonfirmasi Potretsultra.com.

“Desa Wawoone menganggarkan Rp 37.200.000 tiap bulannya dengan data penerima 62 KK sesuai hasil Musdes,” ujar Mihdar.

Melalui BLT ini, Mihdar berharap, warga yang terdampak Covid-19 dan sesuai ketentuan regulasi dapat meringankan beban biaya hidup dalam kesehariannya. Ia juga tak segan-segan mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa agar dalam penyaluran BLT tersebut tepat sasaran sesuai petunjuk yang diamanahkan oleh regulasi Permendes Nomor 6 Tahun 2020.

“Mudah-mudahan dengan melalui bantuan BLT dari dana desa ini semua warga desa yang terkena dampak Covid-19, paling tidak dapat meringankan beban biaya hidup hari-hatinya,” harapnya.

Sementara itu, Koordinator Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Konkep, Ansaruddin menjelaskan, hingga saat ini baru 44 desa di Konkep yang telah siap menyalurkan BLT untuk periode April. Paling lambat minggu pertama bulan Mei, 44 desa tersebut telah rampung menyalurkan bantuannya. Sedangkan desa-desa lainnya juga akan diupayakan semua rampung bulan Mei ini.

“Karena 44 desa tersebut sudah Musdes khusus penetapan Calon penerima BLT, dan sementara diverifikasi oleh pemerintah daerah untuk persetujuan Bupati atau oleh camat,” jelasnya.

Ansaruddin juga menegaskan, dalam penyaluran BLT ini akan dikedepankan prinsip transparansi dan akuntabilitas. Karena semua pihak akan terlibat memantau langsung, mulai dari Pemerintah Daerah, DPMD, Inspektorat, Kepolisian, Babinsa, para pendamping desa, dan Tim Relawan Covid 19.

“Banyak pihak akan ikut mengawal penyaluran BLT ini, jadi Insya Allah akan tepat sasaran dan jika ada yang menyimpang tentu akan diproses sesuai ketentuan yang ada,” tegasnya.

Laporan: Jubirman

Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *