Bawaslu Kendari Rekrut 971 Panwas Tingkat TPS

Ketua Bawaslu Kendari, Sahinuddin (Kiri), (Foto: Sultan)
Keterangan Gambar : Ketua Bawaslu Kendari, Sahinuddin (Kiri), (Foto: Sultan)

KENDARI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kendari siap merekrut Panitia Pengawas (Panwas) Pemilu 2019 tingkat TPS sebanyak 971 orang.

Hal ini dikatakan Ketua Bawaslu Kota Kendari, Sahinuddin. Menurutnya, pelaksanaan rekrutmen panwas TPS tersebut berlansung sejak 4 Februari hingga 25 Maret 2019.

“Kami membutuhkan 971 pengawas TPS sesuai jumah TPS yang ada diwilayah Kota Kendari,” ujar, Sahinuddin, Senin (04/2/2019).

Kata dia, proses perekrutan panwas TPS sesuai dengan Undang Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Perekrutan itu dilakukan oleh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dengan proses penyeleksian yang cukup panjang jangka waktunya.

“Untuk proses perekrutan panwas TPS waktunya sangat lama. Alasanya agar Bawaslu benar-benar menyeleksi siapa saja yang berkompeten dan berkualitas bekerja sebagai Pengawas di TPS,” katanya.

Selain itu, tambah Sahinuddin, peserta calon pengawas TPS memiliki waktu untuk berdiskusi terkait hukum kepemiluan. Adapun syarat menjadi  Pengawas TPS yang bakal direkrut harus berdomisili di sekitaran TPS tersebut. Hal ini agar di TPS nantinya mereka dapat mengenali setiap warga yang datang memilih pada 17 April 2019 mendatang.

“Pasti kan mereka tahu siapa-siapa warga yang memilih. Kalau ada yang tidak dikenal ikut memilih bisa dipertanyakan oleh Panwas TPS,” pungkasnya


Laporan: Sultan

One Ping

  1. Pingback: Ichsan W Hasan Mbou, Karateker Ketua DPD KNPI Buton | Potretsultra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *