Ali Mazi dan Kilas Balik Sejarah Politiknya

Gubernur Sultra, Ali Mazi Saat Turun dari Pesawat, (Foto: IST)
Keterangan Gambar : Gubernur Sultra, Ali Mazi Saat Turun dari Pesawat, (Foto: IST)

Potretsultra

KENDARI – Usai dilantik pada Rabu (05/09) lalu oleh Presiden RI Joko Widodo, kini Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Ali Mazi dengan didampingi Lukman Abunawas resmi mendaratkan kaki ke Bumi Anoa pada Selasa (11/09/2018).

Kembalinya Ali Mazi duduk di kursi 01 Sultra bukan tanpa cerita panjang. Meski namanya sempat tercatat sebagai Gubernur Sultra pada periode 2003 sampai 2008, namun ia pun pernah dikalahkan dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sultra tahun 2007 oleh Nur Alam. Ali Mazi yang berpasangan dengan Abdul Samad kala itu hanya mampu meraih 39,34 persen suara. Sementara Nur Alam yang berpasangan dengan Saleh Lasata berhasil tampil sebagai pemenang dengan mendulang 42,78 persen suara.

Pasca kekalahannya, Ali Mazi tak tinggal diam. Politisi kelahiran Buton 25 November 1961 ini kembali berniat maju pada Pilgub Sultra tahun 2012 silam. Namun, langkah ini tak bernasib baik. Ali Mazi yang saat itu berpasangan dengan Bisman Saranani gagal melaju ke perhelatan Pilgub di babak penyisihan. Dan, Nur Alam kembali menang untuk periode kedua.

BACA JUGA : Hari ini, Presiden Lantik Ali Mazi dan 8 Gubernur Lainnya di Istana Negara

Memang Ali Mazi sempat juga gagal melaju ke senayan pada 2014 lalu. Namun, hal ini tak membuatnya patah arang. Semangatnya untuk mengabdikan diri di Sultra tetap bergelora saat kembali meniatkan diri maju di gelaran Pilgub Sultra tahun 2018. Dengan berhasil mengamankan Partai Golkar dan Partai Nasdem, Ali Mazi makin mantap maju menggandeng mantan Bupati Konawe dua periode, Lukman Abunawas.

Asrun yang dijemput oleh KPK sebelum Pilgub dimulai menjadi keberuntungan tersendiri bagi Ali Mazi. Pasalnya, elektabilitas Asrun – Hugua tak bisa dianggap remeh di Sultra. Keberuntungan lain juga datang dari Buton Selatan, usai putra mahkota Sjafei Kahar yang juga dijemput KPK.

BACA JUGA : Bentuk Tim Transisi, AMAN Siap Luncurkan Sultra Cerdas dan Sultra Sehat

Hasilnya, pada 27 Juli 2018 lalu pasangan Ali Mazi – Lukman Abunawas berhasil memenangkan pertarungan dengan mendulang 43,68 persen suara. Lalu disusul pasangan Rusda Mahmud – Sjafei Kahar dengan total raihan suara 31,58 persen. Sedangkan pasangan Asrun – Hugua berada di posisi buncit dengan raihan 24,73 persen suara.

Kini nahkoda baru Sultra itu resmi kembali menduduki kursi 01 yang sebelumnya pernah dipinjamkan ke Nur Alam. Sementara Lukman Abunawas yang sebelumnya hanya menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara kini naik tahta menjadi orang nomor dua di Bumi Anoa ini.

Penulis: Jubirman

Potretsultra

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *