632 Jemaah Tiba di Kendari, Pemkot Sambut Kepulangan Haji

Keterangan Gambar : Pemkot Kendari sambut kepulangan 632 jemaah haji. Foto: Istimewa.

Potretsultra

KENDARI – Sebanyak 632 jemaah haji asal Kota Kendari akhirnya tiba di tanah air, serah terima pun langsung digelar oleh Pemkot Kendari, pada Senin (7/8/2023).

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari Ridwansyah Taridala langsung menghadiri penerimaan jemaah haji Kota Kendari tahun 2023/1445 Hijriah di salah satu hotel di Kota Kendari,

Dalam sambutannya, Asmawa Tosepu menceritakan pengalaman saat menunaikan ibadah haji, ia mengatakan, terdapat empat macam perjalanan dalam menjalankan ibadah haji ini.

Pertama kata dia, adalah perjalanan fisik itu sudah pasti, perjalanan dari Kota Kendari ke Makkah, ke Madinah itu adalah perjalanan fisik. Tetapi selanjutnya adalah perjalanan sejarah, bagaimana jemaah mengikuti apa yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Muhammad Sallahu Alaihi Wasalam.

“Selanjutnya adalah perjalanan menghadap Allah Subhanahu Wa Taala dan perjalanan miniatur Padang Masyar,” jelasnya.

Pemkot Kendari sambut kepulangan 632 jemaah haji. Foto: Istimewa.

Asma Tosepu juga menuturkan, pelaksanaan kegiatan penerimaan jemaah haji dilaksanakan sebagai upaya untuk membangun silaturahmi antara jemaah dengan Pemkot Kendari, serta masyarakat pada umumnya.

“Kami harap para jemaah haji menjadi mabrur dan mabrurah, serta menjafi contoh yang baik bagi lingkungan tempat tinggalnya secara khusus, contoh bagi Kota Kendari,” ucapnya.

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kendari, Muhammad Lalan Jaya menyebut, sekira 632 jemaah haji Kota Kendari telah tiba di tanah air pada 2 Agustus 2023 lalu melalui 3 kloter pemberangkatan. Sementara tiba di Kota Kendari pada 3 Agustus 2023.

“Mudah-mudahan bapak/ibu semuanya yang sudah kembali mendapatkan predikat haji mabrur dan mabrurah,” ucapnya.

Pemkot Kendari sambut kepulangan 632 jemaah haji. Foto: Istimewa.

Selain itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Kendari berterima kasih kepada Pemkot, khususnya Pj Wali Kota Kendari dalam koordinasi mengenai pelaksanaan haji tersebut.

“Satu hal yang kami apresiasi, di mana Pemerintah Kota kendari dalam hal ini Penjabat Wali Kota Kendari telah banyak berkontribusi pada jemaah, bahkan menyempatkan diri menyapa jemaah di Mekkah,” katanya.

Dalam acara penerimaan jemaah haji itu terlihat hadir juga Ketua DPRD Kota Kendari, Asisten 1 Setda Kota Kendari, Kepala Baznas Kota Kendari dan Forkopimda.

Pemkot Kendari sambut kepulangan 632 jemaah haji. Foto: Istimewa.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Sulawesi Tenggara (Sultra) yang diwakili oleh Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Marni mengapresiasi, petugas haji serta jemaah haji yang saling membantu saat pelaksanaan ibadah di Mekkah. Pasalnya, di antara 2.166 jemaah haji Sultra, ada sebanyak 701 orang jemaah lansia.

Ia mengaku salut dengan kebersamaan dan persaudaraan para jemaah haji asal Sultra, khususnya Kota Kendari.

“Kami dari Kemenag Sultra sudah mengevaluasi kelemahan-kelemahan yang kita dapatkan pada tahun ini. Tahun kemarin dengan adanya pembatasan usia yang meninggal ada sekitar 89 orang seluruh Indonesia, tahun ini ada sekitar 700 lebih,” ungkap Marni. (Adv)

Laporan: Aden

Potretsultra Potretsultra
Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *